Cara Tes Mata Silinder atau Tidak Secara Manual dan Cara Pengobatannya

Cara Tes Mata Silinder atau Tidak Secara Manual dan Cara Pengobatannya

Mata silinder mempunyai istilah medis astigmatism. Istilah ini merujuk pada kondisi mata yang mengalami penglihatan kurang jelas atau kabur dan terbayang hal ini disebabkan oleh lensa kontak atau kornea tidak cembung secara sempurna. Tanda serta gejala yang umum dirasakan oleh penderita mata silinder ialah penglihatan kabur. Penderita sering memicingkan mata saat melihat jauh atau pun dekat.

Cara Tes Mata Silinder atau Tidak Secara Manual dan Cara Pengobatannya

Biasanya, penderita mengeluh sulit membaca tulisan yang kecil. Selain itu sakit kepala, lelah, mata tegang merupakan keluhan yang sering muncul saat kondisi ini dibiarkan saja secara terus menerus. Pada gangguan mata silinder ringan, gangguan penglihatan mungkin tidak secara signifikan. Sayangnya, bila mata silinder diderita anak-anak, kemungkinan besar mereka tidak akan menyadarinya. Hal ini karena pengetahuan anak-anak mengenai suatu benda yang belum sempurna. Pada anak-anak, gejala dari mata silinder ini seperti kesulitan fokus pada tulisan yang berada di dalam buku, mereka juga bisa merasa sakit kepala, lelah dan ketegangan di bagian mata.

Penyebab mata silinder

Mata mempunyai beberapa komponen kunci agar kita bisa melihat secara normal dan baik. salah satunya ialah sistem optik mata yang terdiri dari lensa dan kornea. Keduanya saling bekerjasama untuk membuat cahaya masuk terfokus membentuk gambar yang terlihat sempurna di retina. Sayangnya, pada penderita mata silinder, kornea memiliki bentuk yang tidak sempurna seperti lengkungan pada bola. Pada mata silinder, cembungan bola mata seperti bola rugbi. Adanya ketidaksempurnaan cembungan juga dapat menyebabkan mata silinder.

Saat cembungan yang terbentuk tidak rata, maka mata silinder otomatis akan di derita karena cahaya yang masuk dari kornea tidak bisa difokuskan di satu titik retina sehingga penglihatan menjadi kabur. Selain kacamata yang kecacatan bentuk yang diperoleh dari lahir, ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan mata silinder, antaralain:

  • Kondisi yang mempengaruhi kelopak mata sehingga kornea mengalami gangguan,
  • Adanya pembengkakan, perubahan atau penipisan pada korena,
  • Melakukan operasi mata yang menyebabkan terjadinya perubahan kornea,
  • Infeksi yang dikarenakan jaringan parut pada kornea.

Cara tes mata silinder

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penderita mata silinder mengalami kesulitan membaca tulisan yang berukuran kecil. Untuk mengetesnya, Anda bisa membaca tulisan-tulisan di buku. Jika Anda bisa melihatnya dengan baik, berarti mata Anda bebas dari silinder. Namun, jika Anda merasa kesulitan membaca tulisan-tulisan di buku bahkan sering mengalami sakit kepala, lelah saat membaca dan mata tegang, Anda harus memeriksakan kondisi ini ke dokter ahli.

Pengobatan mata silinder

Untuk memperbaiki penglihatan yang terganggu karena mata silinder, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan, antara lain:

  • Operas lasik. Dengan menggunakan prosedur ini, bentuk kornea akan diubah menggunakan laser, awalnya lapisan permukaan kornea dibuka menggunakan alat khusus yang disebut dengan keratom, setelah itu laser digunakan untuk mengubah bentuk lapisan kornea di bagian bawah lapisan yang dibuka tadi,
  • Operasi lasek. Operasi ini seperti lasik, tetapi flap yang dibuat cenderung lebih tipis,
  • Dengan menggunakan prosedur ini, lapisan epitel dihilangkan tanpa perlu membuat flap. Operasi ini dulunya sering dilakukan, namun setelah operasi lasek dan lasik ditemukan, cara ini jarang dilakukan,
  • Pergunakan kacamata. Dengan mempergunakan kaca yang terdesain khusus, kacamata akan mudah mengoreksi penglihatan yang kabur atau berbayang karena mata silinder,
  • Lensa kontak. Prinsip dari lensa kontak sebetulnya sama dengan kacamata, pemilihan yang tepat tergantung dari penderita mata silinder.
6 Cara Mengobati Mata Silinder secara Alami pada Anak dan Dewasa

6 Cara Mengobati Mata Silinder secara Alami pada Anak dan Dewasa

Astigmatisma atau kelainan yang disebabkan karena lensa mata tau kornea mata yang tidak terlalu mulus, mengakibatkan cahaya yang masuk kedalam mata tidak menjadi fokus ketika diteruskn ke retina mata. Hal ini menyebabkan pandangan yang dihasilkan menjadi buram. Beberapa hal yan menyebabkan terjadinya kelainan pada kornea mata diantaranya adalah bawaan saat lahir, komplikasi saat operasi mata, cidera lensa atau kornea mata akibat infeksi , kondisi kelopak mata yang mengganggu sturktur kornea mata, semisal benjolan, ataupun kornea yang dapat menggembung dan mengempis.

6 Cara Mengobati Mata Silinder secara Alami pada Anak dan Dewasa

Gejala yang ditimbulkan dapat berdampak dalam kehidupan sehari-hari bagi penderita, diantaranya merasa pusing, sensitif terhadap cahaya, mata lelah dan kesulitan membuat garis lurus. Jika astigmatisma sudah sangat parah akan menyebabkan terjadinya penglihatan ganda bagi penderitanya.  Cara mengurangi gejala astigmatisma dengan cepat adalah dengan  memberikan lensa mata silinder. Sehingga astigmatisma ini dikenal juga dengan istilah mata silinder. Disamping dengan menggunakan kacamata berlensa silinder, mengobati mata silinder secara alami dapat juga dilakukan, diantaranya :

Buah keben

Yanng digunakan dari buah keben ini adalah biji dan buahnya yang digunakan sebagai obat tetes mata. Buah yang berasal dari papua ini merupakan pohon berkayu lunak dan sudah lama dipercaya untuk membantu menjaga kesehatan mata.

Kitolod

Tanaman berbunga putih yang biasa hidup subur di persawahan, kebun dan di pinggir sungai ini banyak dijumpai. Menemukannya sangatlah mudah banyak istilah yang digunakan untuk menyebut si bunga putih ini. Rendaman bunga kitolod yang telah dicuci bersih dapat digunakan untuk obat tetes  mata, lakukan sehari tiga kali. Mata akan terasa sangat perih dan pedih. Penggunaan obat tetes mata ini dipercaya dapat mengurangi berbagai penyakit mata, termasuk rabun jauh, rabun dekat dan astigmayisma.

Daun sirih

Antibiotik dan anti inflamasi atau anti peradangan merupakan khasiat dari daun sirih tersebut. Merebus daun sirih yang telah dicuci bersih, kemudian dinginkan air rebusan daun sirih tersebut. Gunakan untuk mencuci mata hingga obat tetes mata. Kotoran yang ada didalam mata dapat dikeluarkan dan mata akan menjadi bersih dan sehat.

Daun melati

Daun melati dipercaya dapat membantu mengurangi sakit pada mata, termasuk didalamnya adalah astigmatisma. Menghaluskan segenggam daun melati yang telah dicuci bersih, kemudian menempelkannya ke dahi dan membiarkannya hingga mengering adalah salah satu cara atau metode untuk mengurangi mata astigmatisma.

Suplemen mata

Banyak dijual bebas di pasaran, mulai dari harga yang sangat murah sampai dengan harga yang super mahal. Sesuaikan dengan kantong dan kemampuan beli anda. Semuanya bisa mengklaim mengurangi berbagai penyakit pada mata yang salah satunya adalah astigmatisma. Cermati  kandungan bahan yang diramu didalamnya, kenali bahan-bahan tersebut, jika menggunakan kata-kata ilmiah, cari tahu nama lain bahan tersebut.

Usahakan suplemen tersebut merupakan suplemen buatan produsen negeri sendiri dan kenali dengan mengetahui profil perusahaanya. Mencantumkan kehalalan dan perijinan produk tersebut. Hati-hati untuk menggunakan obat tetes mata, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ahli mata sebelum menentukan produk yang dikonsumsi.

Istirahatkan mata ketika lelah

Jika mata sudah terasa sangat lelah, terlalu lama di depan layar komputer istirahatlah. Usahakan untuk setiap 30 menit beristirahat selama 5 menit dengan melihat benda atau obyek di luar zona layar komputer. Melihat obyek atau benda diluar ruangan yang berwarna hijau sangat dianjurkan. Pilihlah area persawahan yang hijau membentang untuk istirahat mata kita.

Cara mengobati mata silinder secara alami dapat kita lakukan sendiri di rumah. Lagi-lagi adalah tekad dan kemauan serta kedisiplinan kita yang dapat menentukan berhasil atau tidaknya usaha yang kita lakukan. Semoga bermanfaat.