Gejala Mata Minus Pada Anak dan Cara Mengobatinya Secara Alami

Gejala Mata Minus Pada Anak dan Cara Mengobatinya Secara Alami

Gangguan penglihatan sebenarnya tidak hanya dialami oleh mereka yang sudah berusia lanjut, anak-anak bahkan bisa mengalaminya. Kadang, terdapat kasus beberapa gangguan penglihatan anak yang pada akhirnya memerlukan kacamata untuk jalan keluarnya. Sulit untuk mengetahui apakah anak memerlukan kacamata atau tidak, oleh sebab itu lebih baik Anda mengetahui apa saja gejala anak-anak memerlukan kacamata.

Gejala Mata Minus Pada Anak dan Cara Mengobatinya Secara Alami

Cara yang paling mudah mengetahui anak mempunyai gangguan penglihatan atau tidak ialah membawanya ke dokter mata. Tentu Anda tidak akan membawanya ke dokter mata secara tiba-tiba tanpa ada gejala bukan? Berikut berbagai gejala jika si kecil mengalami gangguan penglihatan:

  • Mengalami gangguan konsentrasi saat di sekolah sehingga perkembangan akademisnya menjadi terhambat,
  • Sering mengalami sakit kepala tanpa ada penyebabnya,
  • Menghindar saat disuruh menulis atau membaca,
  • Mengernyitkan mata saat menonton TV atau membaca,
  • Mata berair,
  • Sering menggosok mata, padahal sedang tidak lelah,
  • Ia memilih duduk dengan jarak yang dekat saat menonton TV atau mendekatkan buku ke wajah saat membaca.

Karena memiliki sifat turunan, Anda dapat memeriksakan kesehatan mata anak saat Anda dan pasangan pernah mengalami gangguan penglihatan ketika kecil. Jika melihat gejala-gejala seperti yang dipaparkan di atas, segera periksakan ke dokter mata, nantinya dokter akan memberi resep kacamata yang sesuai.

Memilih kacamata anak

Mungkin akan sulit bagi Anda meyakinkan buah hati agar mau menggunakan kacamata waluapun demikian, Anda tidak boleh menurutinya, berikut tips agar anak terbiasa menggunakan kacamata, seperti:

  • Jelaskan pentingnya menggunakan kacamata. Katakan pada anak dengan menggunakan kacamata, ia akan melihat segala hal dengan lebih jelas. Dengan demikian, ia bisa melakukan akvitas sesuai dengan keinginannya,
  • Pilihkan kacamata yang sesuai dengan resep dokter. Bila saat di pakai si kecil merasa kurang nyaman saat melihat, kemungkinan ada yang salah dengan resep yang diberikan, segera periksakan kembali kondisi matanya ke dokter spesialis,
  • Pada saat anak berolahraga, pastikan ia menggunakan pelindung mata untuk terhindar dari cedera yang dapat membuat kacamatanya rusak,
  • Ketika baru pertamakali memperkenalkan kacamata padanya, Anda tidak pelru menyuruhnya menggunakan kacamata seharian penuh, mulai dengan secara perlahan dengan menyuruhnya menggunakan kacamata saat sedang menonton TV atau membaca. Sesudah itu tingkatkan periode penggunaan kacamata sedikit demi sedikit,
  • Pilih kacamata yang memiliki bingkai menarik, contohnya pilih warna yang sesuai dengan warna yang ia sukai. Namun, pastikan ukuran bingkai pas sehingga nyaman digunakan.,
  • Sesudah si kecil mulai merasa terbiasa, beri tahu ia kapan waktu yang tepat untuk menggunakan dan melepas kacamatanya.

Mengobati mata minus menggunakan daun sirih

Jika Anda ingin mencoba mengobati mata minus pada anak secara alami, Anda bisa mencoba daun sirih. Cara pengaplikasiannya dengan menempelkan daun sirih ke kelopak mata. Ambil daun sirih yang muda dan segar (berwarna hijau muda) ambil sebanyak 2 lembar, bersihkan dengan menggunakan air, saat beranjak tidur, tempel daun sirih yang telah bersih di kedua kelopak mata. Lakukan cara ini setiap hari hingga 2 bulan lamanya.

Mengobati mata minus dengan melatih pandangan

Pasti Anda sering mendengar cara ini bukan? Cara ini bukan hanya bisa dilakukan pada orang dewasa, namun dapat dilakukan pada anak-anak. Rubah pandangan matanya setiap 15 hingga 20 menit. Pandang objek sejauh 15 meter di depan anak Anda, fokuskan pandangan selama beberapa menit hingga jelas melihat postur tersebut. Lakukan cara ini secara rutin setiap mata terasa letih memandang jarak dekat untuk mengurangi mata minus.

4 Cara Mengobati Mata Minus Tinggi Secara Alami dengan Bahan Herbal

4 Cara Mengobati Mata Minus Tinggi Secara Alami dengan Bahan Herbal

Mata minus atau yang sering disebut dengan rabun jauh merupakan gangguan penglihatan yang umum ditemui. Saat terkena gangguan penglihatan ini, penglihatan akan kabur ketika melihat objek yang jauh tetapi tetap jelas saat melihat benda yang dekat. Contohnya saja saat Anda membaca buku, tulisan di buku tetap terlihat namun saat melihat tulisan di papan tulis akan terlihat kabur. Tentu saja hal ini sangat menganggu serta harus dilakukan berbagai macam cara untuk mengurangi mata minus bahkan menyembuhkannya secara total agar penglihatan kembali normal.

4 Cara Mengobati Mata Minus Tinggi Secara Alami dengan Bahan Herbal

Mata minus disebabkan oleh gangguan bentuk kornea, bola mata atau lensa. Bola mata terlalu panjang atau lengkungan kornea yang terlalu melengkung. Inilah yang menyebabkan bayangan yang masuk mata jatuh kedepan retina. Agar membantu melihat dengan normal dapat dilakukan dengan berbagai macam cara contohnya menggunakan lensa kontak hingga operasi. Saat mendengar kata operasi, mungkin Anda akan terbayang prosedur yang begitu menakutkan dan memilih penyembuhan secara alami.

Ada berbagai macam cara yang bisa Anda gunakan agar penglihatan menjadi lebih baik dan mengurangi minus pada mata.

Melatih fokus

Latihan fokus ini dicetuskan oleh dokter mata Marc Grossman. Melakukan latihan ini sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu duduk di posisi nyaman serta memegang pensil menggunakan tangan kanan. Letakkan pensil dengan jara 6 inch dari ujung hidung. Lihat pensil atau ibu jari secara fokus dan secara cepat hilangkan pandangan Anda pada objek yang jauh di seberangnya tanpa menggerakkan kepala. Sesudah itu, secara cepat kembalikan kembali pandangan Anda ke ibu jari. Ulangi cara ini hingga 10 kali. Ini bisa membantu mengurangi mata minus serta meningkatkan penghlihatan.

Push-up pensil

Latihan ini merupakan latihan yang sederhana dan dilakukan dengan menggunakan objek pensil yang diletakkan berjauhan dan berdekatan secara berulang. Untuk melakukannya, simak langkah berikut:

  1. Siapkan pensil atau pulpen,
  2. Tandai bagian tengah dari batang pensil dengan menggunakan titik atau tulisan yang jelas,
  3. Jika telah siap, pegang pensil secara vertikal dengan tangan kanan, letakkan jauh dari wajah, secara perlahan coba dekatkan pensil ke arah wajah dan fokuskan pandangan ke sebuah titik atau tanda yang dibuat dengan batang pensil,
  4. Dekatkan secara terus menerus hingga tanda terlihat kabur atau pensil terlihat ganda, tutup mata selama beberapa detik dan lihat tanda hingga jelas dan pensil hanya terlihat satu,
  5. Dekatkan lagi pensil hingga sampai di batas maksimal yang bisa dilihat dengan jelas. Ulangi cara ini dan lakukan selama beberapa menit setiap berlatih.

Mengistirahatkan mata

Bila Anda aktif membaca atau pun berlama-lama di depan komputer, ijinkan mata untuk beristirahat selama 20 menit, tutp mata dan alihkan pandangan mata Anda ke objek-objek yang jauh dari mata.

Konsumsi vitamin

Selalu penuhi kebutuhan vitamin untuk mata seperti vitamin C, A, E. Tingkatkan konsumsi sayuran seperti wortel dan buah-buahan yang lainnya.

Untuk mencegah mata minus semakin bertambah parah, Anda juga bisa menggunakan cara-cara seperti:

  • Periksakan mata secara teratur dan kondisi kronis yang memiliki hubungan dengan diabets dan tekanan darah tinggi,
  • Istirahatkan mata secara teratur saat bekerja,
  • Gunakan kacamata yang anti UV matahari agar bisa melindungi mata ketika beraktivitas lama di luar ruangan.
  • Gunakan pencahayaan yang baik saat membaca buku,
  • Gunakan kacamata yang pas agar bisa membantu penglihatan Anda.
Cara Tes Mata Minus Manual yang Bisa Dilakukan Sendiri

Cara Tes Mata Minus Manual yang Bisa Dilakukan Sendiri

Beberapa orang sering merasa penglihatannya tiba-tiba melemah. Jika sebelumnya dalam jarak tertentu dapat melihat dengan jelas pelat motor kendaraan, namun sekarang butuh jarak yang lebih dekat. Berkurangnya kemampuan melihat benda pada jarak tertentu adalah salah satu tanda terjadinya masalah mata berupa mata minus atau rabun jauh (dalam istilah medis biasa disebut dengan miopi).

Beberapa orang akan langsung ke dokter mata, atau toko kacamata untuk memeriksakan kondisi mata. Pada umumnya memeriksakan mata seperti itu gratis, namun tidak semua orang memiliki waktu untuk pergi atau membuat janji dengan dokter mata.

3 Cara Tes Mata Minus Manual yang Bisa Dilakukan Sendiri

Jika hanya ingin mengetahui hal-hal seperti :

  • apakah mata mengalami minus ?
  • apakah minus mata bertambah ?
  • berapa minus mata sekarang ?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut sebenarnya dapat dijawab sendiri karena pada dasarnya tes mata minus dapat dilakukan atau dipraktekkan sendiri.

Cara Melakukan Tes Mata Minus Sendiri

Tes mata minus dapat dilakukan sendiri karena :

  • Alat dan bahan sangat mudah didapatkan
  • Tidak memerlukan keahlian khusus untuk dapat melakukan test
  • Tidak memerlukan keahlian khusus untuk membaca hasil test
  • Tidak memakan waktu yang cukup lama

Alat dan Bahan

yang dibutuhkan hanyalah sebuah kartu Snellen. Kartu Snellen memiliki 3 variasi yang umum yaitu :

3 Cara Tes Mata Minus Manual yang Bisa Dilakukan Sendiri Sennel ChartSnellen Chart
Yaitu sebuah kartu bertulisan huruf-huruf dengan ukuran yang berbeda-beda
Penggunaan pada : orang dewasa atau pada orang yang dapat membaca

E Chart
Yaitu sebuah kartu yang bertuliskan huruf E dengan arah kaki yang berbeda-beda
Penggunaan pada : anak-anak atau orang yang belum dapat membaca

Cincin Landolt
Yaitu sebuah kartu bergambar cincin berbentuh huruf C dengan arah cincin berbeda-beda
Penggunaan pada : anak-anak atau orang yang belum dapat membaca

Kartu snellen dapat dibeli di apotik, ataupun dengan mengeprint hasil download kartu snellen di internet.

Cara Penggunaan:

Letakkan kartu pada jarak 5 atau 6 meter dari orang yang menjadi subject test mata.
Jika meletakkan pada jarak 5 meter, maka visus = 5/5
Jika meletakkan pada jarak 6 meter, maka visus = 6/6

Tutup salah satu mata
Jika ingin memeriksa mata kiri, tutup mata kanan, dan jika ingin memeriksa mata kanan, tutup mata kiri.

Pengecheck an
Perhatikan huruf-huruf pada baris 9 kartu Snellen. Jika dapat dibaca dengan normal, artinya kondisi mata dapat dikatakan normal.

Jika mata tidak mampu membaca dengan baik semua huruf pada baris 9 artinya ada masalah minus mata. Semakin tinggi baris, artinya nilai minus mata semakin besar.

Metode Tes Mata Minus Lainnya

Selain menggunakan snellen chart, cara lain yang lebih mudah untuk mengetes minus mata adalah dengan metode jumlah jari. Orang normal dapat melihat jumlah jari yang diperlihatkan orang lain pada jarak 60 meter. Jika subjek baru dapat melihat jumlah jari pada jarak 15 meter, berarti ketajaman penglihatannya hanya sebesar 15/60 dan artinya subjek mengalami mata minus.

Selain menghitung jari, tes juga dapat dilakukan dengan lambaian tangan namun pada jarak 300 meter. Orang normal akan dapat melihat dengan baik lambaian tangan pada jarak 300 meter. Semakin dekat jarak yang dibutuhkan untuk melihat lambaian tangan, semakin besar minus mata.

Namun tidak seperti tes menggunakan kartu Snellen, test lambaian tangan dan jumlah jari tidakah terlalu efektif karena membutuhkan jarak atau ruang yang sangat besar.

3 Obat Tetes Mata Minus yang Ada di Apotik

3 Obat Tetes Mata Minus yang Ada di Apotik

Mata minus dapat sembuh dengan penggunaan kacamata khusus, senam mata, mengkonsumsi makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan mata, maupun penggunaan obat mata. Obat mata sendiri terbagi menjadi 2 yaitu :

  1. Suplemen untuk menyembuhkan mata minus
    Biasanya diminum selama proses penyembuhan mata. Contoh suplemen mata yang bisa mengurangi mata minus secara alami adalah Toga Aini.
  2. Obat tetes mata untuk mata minus
    Penggunaannya cukup diteteskan pada mata minus

Baik suplemen dan obat tetes mata pada umumnya terdiri dari bahan utama yaitu:

3 Obat Tetes Mata Minus yang Ada di Apotik

Lutein
Merupakan senyawa yang umum ditemukan pada bayam, wortel kuning, dan brokoli. Fungsi utama lutein dalam obat mata adalah untuk mencegah degenerasi pada makula mata.

Ekstrak Ginkgo Biloba
Ginkgo Biloba sudah dikenal memiliki banyak sekali manfaat seperti membantu sirkulasi darah dan memulihkan penglihatan.

Zinc
Selain berfungsi untuk menjaga kekuatan rambut, zinc juga bermanfaat merilekskan mata sehingga otot-otot pada mata menjadi lebih lentur dan dapat mengkontraksi lensa, kornea, dan retina dengan lebih baik.

Riboflavin
Riboflavin adalah nama lain dari vitamin B2 yang berasal dari susu, keju, kacang-kacangan, dan brokoli. Riboflavin membantu melancarkan pembentukan sel darah merah, antibodi, dan membantu metabolisme. Dalam kaitannya dengan penglihatan, riboplavin membantu sirkulasi darah pada otot mata menjadi lebih lancar sehingga kontraksi lensa, kornea, dan retina menjadi lebih baik.

Vitamin A
Vitamin A sudah dikenal sebagai vitamin terpenting untuk kesehatan mata. Penambahan konsumsi vitamin A dapat memperbaiki kerusakan-kerusakan yang terjadi pada mata minus.

Beberapa contoh obat tetes mata di apotik cukup banyak, sebut saja :

  • Insto,
  • Rohto
  • Visine, dan
  • Braito

Keempatnya mengandung Tetrahydrozoline HCl dan Benzalkonium chloride yang membantu meredakan ketegangan dan iritasi mata. Namun keempatnya tidak memiliki fungsi untuk membantu menyembuhkan mata minus.

Untuk tetes mata yang dapat mengatasi mata minus, apoteker akan memberikan pilihan yaitu :

Eye Care Soft Gel
Merupakan obat tetes mata minus yang cukup populer. Mengandung banyak bahan-bahan alami yang bermanfaat bagi perbaikan lensa mata, kornea, dan retina.

Obat Tetes Mata Miracle Betel
Obat tetes mata Miracle Betel bekerja dengan cara menyegarkan syaraf-syaraf mata sehingga mampu berkontraksi maksimal dan mengembalikan kinerja lensa, kornea, dan retina seperti yang diharapkan.

Herba Aini Natural
Merupakan obat herbal dengan kandungan madu yang diyakini mampu memperbaiki fungsi mata secara maksimal.

Dan banyak lagi tetes mata lainnya yang jika digunakan secara tepat dapat menyembuhkan mata minus.

Semua jenis obat tetes mata yang disebut di atas pada umumnya baik, namun sebaiknya sebelum membeli obat tetes mata perhatikan hal-hal sebagai berikut :

Izin BPOM dari obat tersebut.
Saat ini banyak sekali beredar obat tetes mata yang justru berbahaya bagi kesehatan mata

Keaslian produk obat tetes tersebut
Obat yang memiliki izin BPOM menjadi barang yang paling sering dipalsukan. Oleh sebab itu, disarankan untuk mencari tahu ciri dan tanda keaslian obat tersebut

Efek samping penggunaan
Mintalah saran dari dokter untuk mengetahui apakah bahan-bahan obat tetes tersebut tidak menimbulkan efek pada mata. Jangan sampai mata mengalami penolakan terhadap salah satu atau beberapa komponen obat.

Harga
Obat tetes mata minus setiap apotek umumnya berbeda-beda. Disarankan untuk mengetahui harga eceran tertinggi setiap obat tetes agar tidak dipatok harga yang terlalu mahal.

5 Cara Mengurangi Mata Minus secara Alami dengan Cepat

5 Cara Mengurangi Mata Minus secara Alami dengan Cepat

Mata yang tidak bisa melihat dengan jelas dalam jarak yang jauh, bisa disebabkan karena berbagai faktor. Baik itu faktor keturunan maupun pola atau gaya hidup. Mengetahui penyebab mata rabun atau mata minus dapat memudahkan kita untuk melakukan pengobatan apabila mata sudah terlanjur menderita rabun jauh atau mata minus serta melakukan pencegahan agar minus mata tidak bertambah banyak dan bertambah parah.

5 Cara Mengurangi Mata Minus secara Alami dengan Cepat

Faktor keturunan, atau faktor genetik memegang peranan yang cukup mendasar. Sangatlah mungkin jika orang tua kita menderita rabun jauh maka kita juga akan menderita rabun jauh atau mata minus. Gaya hidup yang tidak sehat serta perilaku kita yang keliru dalam memperlakukan mata sebagai organ penglihatan kita. Melihat serta membaca terlalu dekat dan dengan cahaya yang cukup temaram dalam waktu yang lama serta terus-menerus dilakukan dapat memicu rabun jauh.

Cepat perbaiki pola serta gaya hidup kita yang keliru tersebut, semakin kita menyadari kekeliruan kita maka rabun jauh pun makin menjauh. Konsultasikan dengan dokter ahli mata untuk pengobatannya. Berikut adalah cara atau metode menguranggi mata minus secara alami dengan cepat, diantaranya:

1. Perbaiki pola hidup

Membacalah dalam tempat yang terang dan dalam jarak baca yang wajar dan aman. 25 cm adalah jarak aman untuk kita membaca buku. Menonton televisi dalam jarak yang aman serta nyaman untuk mata anda. Jarak aman atau jarak minimal menonton televisi adalah setengah kali diagonal televisi.

2. Istirahatkan mata ketika lelah

Istirahatkan mata setiap 30 menit setelah bekerja di depan layar komputer, kedip-kedipkan mata agar tidak terlalu kering. Lakukan pandangan pada tempat yang jauh khususnya tempat yang ada unsur hijau-hijau daun untuk menyegarkan mata anda. Jangan paksakan mata untuk terus bekerja ketika mata sudah merasakan lelah.

3. Terapi mata

Lakukan terapi penglihatan. Lihatlah benda yang jauh usahakan tanpa kacamata bantu. Tangkaplah obyek atau benda tersebut secara utuh. Mulailah dari benda yang dalam jarak paling jauh dapat kita lihat tanpa menggunakan kacamata, kemudian berlanjut dengan menjauhkan obyek secara bertahap.  Melihat area persawahan dalam waktu yang lama dan terus-menerus sampai  mata mengeluarkan air mata. Warna hijau bersifat mendinginkan dan membuat mata menjadi sejuk dan nyaman.

4. Senam mata

Kedip-kedipkan mata dengan sedikit menekan kedipan mata dengan kelopak mata, lakukan sehari tiga kali. Paksakan mata untuk melakukan gerakan melirik ke kanan dan kiri, ke atas dan bawah dengan sedikit menekan gerakan mata kita. Lakukan secara kontinyu dan rutin sampai mata mengeluarkan air mata.

5. Minum suplemen mata

Banyaknya suplemen mata yang dijual di pasaran secara bebas, menjadikan kita sebagai konsumen mempunyai banyak pilihan untuk pengobatan mata kita. Tetaplah menjadi konsumen cerdas yang lebih mengedepankan keamanan dan kualitas dari produk yang kita konsumsi. Mengetahui produsen produk, anjuran memilih produsen negeri sendiri ada alasannya. Mengetahui kandungan bahan yang digunakan, bahasa yang digunakan pun kita mengetahuinya.

Perijinan menggunakan perijinan dalam negeri yang dapat kita lacak keilegalannya. Menggunakan produk buatan luar negeri boleh-boleh saja, asalkan kita mengetahui kandungan bahan dari produknya, perijinannya serta produsen dari produk tersebut.

Konsultasikan dengan dokter ahli mata menjadi pilihan utama dan sangat dianjurkan. Mata  memegang peranan yang sangat vital bagi tubuh kita, apa jadinya jika kesembuhan yang kita inginkan tetapi hasil sebaliknya yang kita dapatkan. Mencegah lebih baik dari pada mengobati, perbaikilah gaya hidup kita yang kita yang kurang sehat serta perlakuan kita terhadap mata yang kurang manusiawi. Semoga bermanfaat.

5 Cara Menyembuhkan Mata Minus dengan Alami dan bahan Tradisional secara Efektif

5 Cara Menyembuhkan Mata Minus dengan Alami dan bahan Tradisional secara Efektif

Mata manusia diciptakan untuk melihat dan menuntun manusia untuk melakukan aktifitasnya. Mata manusia akan mengalami kelainan dan menurun fungsinya sebagai indera penglihatan, jika kita melakukan kebiasaan yang kurang benar untuk mata kita serta gaya hidup yang tidak sehat. Mata yang terbiasa digunakan untuk melihat benda atau obyek yang terlalu dekat akan menyebabkan mata mengalami kesulitan untuk melihat dalam jarak yang cukup jauh.

5 Cara Menyembuhkan Mata Minus dengan Alami dan bahan Tradisional secara Efektif

Kelainan serta kesulitan mata yang tidak bisa melihat dalam jarak yang jauh dinamakan dengan rabun jauh atau miopi. Dikarenakan lensa minus atau lensa cekung digunakan untuk mengkoreksi penglihatan kita, maka dikenal juga dengan istilah mata minus. Selain menggunakan kacamata minus, untuk mengurangi  keluhan mata yang tidak bisa melihat dalam jarak jauh, adalah bahan alami nan tradisional yang berada disekitar rumah dan kita dapat memperolehnya dengan mudah serta murah. Berikut adalah cara menyembuhkan mata minus dengan bahan alami dan tradisional.

1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi untuk mata, seperti suplemen mata

Memilih makanan yang kaya akan vitamin A dan betacarotene,  semisal wortel. Ikan-ikanan yang kaya akan omega 3. Alpukat yang kaya akan lutein, kol dan bayam juga bisa dijadikan sayuran hijau yang kaya akan zeaxanthin dan vitamin C. Telur mengandung vitamin A, B12 serta vitamin D dan protein bisa dijadikan pelengkap sekaligus sebagai pelengkap gizi.

Tomat merupakan buah kaya manfaat bisa juga dijadikan pilihan selanjutnya, lycopene, vitamin A dan vitamin C yang dikandungnya dapat membantu menjaga kesehatan mata kita. Apabila kita tak ingin mengalami kerepotan untuk mendapatkan bahan makanan serta sayuran yang dibutuhkan, suplemen untuk mata bisa dijadikan pilihan.

2. Tidak terlalu tergantung dengan kacamata

Membiasakan diri untuk tidak selalu menggunakan kacamata, khususnya jika kita melakukan aktifitas yang tidak terlalu bergantung dengan fokus mata. Seperti membaca dan bekerja didepan layar komputer, kita dapat melepas kacamata kita jika telah selesai melakukan aktifitas tersebut.

3. Melakukan terapi mata

Terapi mata dapat digunakan untuk mengurangi mata minus. Menggunakan bahan herbal dan alami dapat dijadikan pilihan. Menggunakan air rebusan daun sirih untuk mencuci mata, atau sebagai obat tetes mata. Menggunakan bunga kitoid sebagai obat tetes mata, bunga yang telah direndam dengan air, teteskan airnya ke masing-masing mata yang terkena mins ata rabun. Lakukan secara rutin sehari tiga kali.

4. Melakukan senam mata

Melihat benda yang jauh dan berwarna hijau, seperti melihat persawahan dalam jarak yang cukup jauh dan dalam waktu yang cukup lama. Latihan menatap sebuah obyek yang bergerak sampai obyek tersebut tertangkap utuh dipandangan mata kita. Melihat sebuah lilin yang menyala di sebuah ruangan yang gelap, usahakan mata fokus menatap sampai mengeluarkan air mata. Lakukan latihan tatap lilin secara rutin dan kontinyu.

5. Mencuci mata dan merawat mata

Melakukan pencucian mata secara rutin, membersihkan mata dengan menggunakan air yang mengalir selama lima menit sampai mata terasa pedih dan segar dapat dijadikan pilihan. Kotoran serta partikel asing akan keluar bersama dengan air yang mengalir tersebut. Mata akan menjadi bersih dan lebih sehat. Menggunakan kacamata anti ultraviolet serta menggunakan helm berkaca dapat melindungi kesehatan mata kita.

Cara tersebut diatas adalah sedikit tips atau metode yang sering digunakan untuk meringankan mata minus secara alami dan menggunakan bahan trasidional serta mudah dilaksanakan. Kedisiplinan dan keinginan untuk sembuh memegang peranan sangat penting. Selamat mencoba.

5 Obat Mata Minus yang Dijual di Apotik Berbahan Dasar Herbal

5 Obat Mata Minus yang Dijual di Apotik Berbahan Dasar Herbal

Gejala mata minus atau mata rabun jauh banyak diidap oleh anak-anak hingga remaja, maraknya gadget dan mainan yang berbasis digital membuat anak-anak senantiasa akrab dengan gadget. Menggunakan gadget dengan  jarak yang cukup dekat dengan mata dan dalam tempo yang cukup lama akan mengganggu kesehatan mata.

5 Obat Mata Minus yang Dijual di Apotik Berbahan Dasar Herbal

Jika dilakukan secara terus menerus akan menyebabkan mata mengalami kelainan serta kesulitan dalam melihat benda atau obyek dengan jarak yang cukup jauh. Pandangan mata yang menjadi buram, sakit kepala atau pusing, faktor genetik dan penglihatan memburuk disaat menjelang malam hari adalah salah satu gejala atau tanda jika anda menderita rabun jauh atau mata minus.

Gangguan mata yang disebabkan oleh rabun jauh atau mata minus, bisa menyerang anak seusia dini hingga remaja. Faktor kebiasaan yang salah dan dilakukan secara terus menerus akan menjadi penyebabnya. Menghubungi tenaga medis dan tenaga ahli mata adalah solusinya. Diberikan lensa mata minus atau cekung untuk koreksi pandangan mata dengan cara yang instan dan cepat. Mengkonsumsi makanan yang bergizi dan mengandung vitamin A dapat dijadikan alternatif untuk mengurangi minus pada mata. Banyaknya obat-obatan yang mengklaim dapat mengurangi mata minus dapat dijadikan pilihan.

Maraknya penggunaan obat yang berbahan herbal untuk mengobati mata minus di apotik dapat dijadikan pilihan. Pandai-pandailah memilih obat-obatan yang mengklaim berbahan herbal dan dapat menyembuhkan peyakit mata minus anda. Alih-alih ingin mengurangi  mata minus, mata mengalami kompilasi atau bahkan kebutaan akan menjadi resikonya. Berikut adalah obat alami yang diklaim mengandung bahan herbal untuk pengobatan mata minus.:

Eye Care Softgel

Suplemen kesehatan mata berbahan dasar tanaman tradisional bebas bahan kimia. Bersertifikat halal dari MUI, berlegalisasi dari FDA, HCCPA. Memiliki kandungan serta manfaat dari lutein, yang melindungi makula retina mata. Berfungsi untuk menjaga mata agar tidak buram dan mencegah degenerasi makula. Gingko bibola, yang memperbaiki dan menghentikan gangguan retina. Ekstrak blueberry, meningkatkan daya penglihatan, menunda penuaan syaraf dan menambah kekebalan tubuh. Zinc, menghilangkan ketegangan mata. Dan mengandung vitamin A dan taurine.

Mempunyai khasiat untuk, mengobati rabun jauh dan rabun dekat, glukoma, katarak, memperbaiki sirkulasi darah, memberikan nutrisi pada mata, mencegah penurunan penglihatan, merawat kesehatan kapiler, menurunkan sakit mata, mata lelah, mata merah serta mata kering.

Super eye capsule

Produk dari Dr TV ini mengklaim dirinya dapat mengurangi mata minus atau mata rabun jauh, katarak, glukoma dan berbagai penyakit mata. Menggunakan bahan-bahan alami yang  tidak berbahaya. Mengandung ekstrak blueberry, zinc, gingko bibola yang berkhasiat dapat mengurangi penyakit mata.

Toga Aini

Berikutnya ada produk obat mata dari bahan herbal Toga Aini. Kapsul herbal ini belum banyak terdengar dimana-mana. Akan tetapi khasiatnya sudah sangat terbukti karena banyak orang yang mengkonsumsi Toga Aini secara rutin mendapatkan khasiatnya. Minus pada mata mereka berkurang dan mereka mendapatkan penglihatan yang lebih baik dari sebelumnya. Suplemen khusus mata yang terbuat dari bahan herbal ini juga bisa untuk terapi memperbaiki penglihatan dari sakit mata merah karena radiasi komputer yang langsung terkena mata sehari-hari.

Obat ini berbentuk kapsul yang terbuat dari ekstrak buah bilberry hpai dan daun sambiloto. Bagus dikonsumsi untuk membuat fungsi syaraf otot mata menjadi normal lagi dan lebih kuat. Dengan mengonsumsinya secara rutin, Anda juga bisa menjaga kesehatan fungsi mata.

Tiens paket obat herbal mata minus

Terdiri dari dua botol kapsul berisikan suplemen untuk mata minus atau rabun jauh, mata katarak, mata berkantung serta suplemen untuk menjaga kesehatan mata.

Bio vision

Kapsul yang mempunyai khasiat untuk mengurangi minus mata, mengatasi mata lelah, terbuat dari bahan alami dan aman untuk digunakan. Mengandung billberry extract, betacaroteen, vitamin C serta vitamin B2.

Pasar sudah menyediakan berbagai macam obat-obatan yang berbahan dasar herbal untuk dapat mengurangi mata minus anda. Bijaklah dalam kita memilih produk yang terbaik untuk tubuh kita. Perhatikan kemasan, produsen, serta perijinan dari suplemen yang akan kita konsumsi. Semoga bermanfaat.

6 Obat Mata Minus Alami Ampuh tanpa Kacamata

6 Obat Mata Minus Alami Ampuh tanpa Kacamata

Kelainan pada mata atau rabun merupakan suatu keadaan dimana mata tidak dapat melihat obyek atau benda pada jarak tertentu secara jelas. Untuk mata rabun itu sendiri dapat digolongkan menjadi dua golongan yaitu, rabun jauh dan rabun dekat.  Mata yang tidak bisa melihat secara jelas pada jarak yang dekat disebut dengan istilah rabun dekat atau presbiopi, sedangkan mata yang tidak bisa melihat benda atau suatu obyek secara jelas pada jarak yang jauh dikenal dengan istilah rabun jauh atau miopi.

6 Obat Mata Minus Alami Ampuh tanpa Kacamata

Apabila anda menderita salah satu rabun tersebut, tetapi belum mempunyai biaya untuk membeli kacamata sebagai alat bantunya, masih ada beberapa tips dan cara yang dapat digunakan sendiri dan  digunakan untuk menyembuhkan mata rabun. Cara atau tips tersebut diantarannya adalah :

1. Cobalah untuk beraktifitas tanpa menggunakan kacamata untuk melihat obyek atau benda dalam jarak tertentu. Agak paksakan fokus mata anda untuk melihat obyek atau benda khususnya benda atau obyek yang bergerak. Usahakan agar mata dapat menangkap obyek atau benda tersebut secara utuh dan tidak ada bayangan dari benda atau obyek bergerak tersebut.

2. Sering melihat pemandangan atau persawahan yang berwarna hijau.

Warna hijau memang menyejukkan, termasuk untuk kesehatan mata anda. Sering berlama-lama melihat obyek hijau semisal sawah yang membentang khususnya pada pagi hari, dipercaya dapat mengurangi rabun mata, khususnya rabun mata jauh.

3. Meminum jus wortel atau suplemen yang mengandung vitamin A

Membuat jus wortel yang mengandung banyak vitamin A dan betakaroten dapat terbukti efektif untuk mengurangi mata minus atau rabun jauh, serta menjaga kesehatan mata.

4. Hindari mata lelah

Beristirahatlah jika mata terasa lelah setelah beraktifitas padat atau mata terlalu lama berfokus pada benda-benda kecil atau kegiatan yang lebih menggunakan mata sebagai tumpuannya. Berikan jeda setiap setengah jam beraktifitas di depan komputer, dengan melihat benda-benda diluar ruangan dan berwarna hijau, terbukti dapat mengurangi kelelahan pada otot mata.

5. Terapi lilin

Cara ini memang cukup unik namun terbukti ampuh untuk melatih fokus otot mata dan terbukti mengurangi mata minus atau rabun jauh. Caranya, dengan menyalakan lilin di ruangan yang gelap. Tataplah cahaya lilin tersebut secara fokus dan dilakukan sampai mata mengeluarkan air mata. Kotoran mata akan keluar bersama air mata tersebut. Mata juga dapat mengalami peningkatan dalam jarak fokus pandang nya. Lakukan secara kontinyu setidaknya setiap hari. Cara kuno ini terbukti sangat efektif untuk mengurangi mata yang minus.

6. Menjaga kesehatan mata

Jangan lupa untuk membersihkan mata anda, setidaknya menggunakan larutan daun sirih atau boorwater secara kontinnyu agar mata senantiasa bersih dan terhindar dari bakteri. Pakailah helm atau kacamata ketika anda berkendara, tujuannya adalah untuk menghindari debu atau partikel asing lainnya yang masuk kedalam mata.

Sangatlah mudahkan , menjaga kesehatan mata beserta cara atau tips untuk mengurangi mata yang rabun atau minus. Kita yang berikhtiar tetapi Tuhanlah yang menyembuhkan penyakit kita. Tetap berkonsultasi dengan tenaga medis atau dokter jika segala metode atau cara telah kita lakukan untuk mengurangi penyakit rabun atau mata minus kita. Mencegah lebih baik dari pada mengobati, lakukan gaya hidup sehat dengan membaca dan menonton televisi  pada jarak yang aman bagi mata, serta menjaga kesehatan mata secara rutin maka penyakit rabun pun akan menjauh. Semoga bermanfaat.

Perbedaan Sakit Mata Minus dan Silinder serta Solusinya

Perbedaan Sakit Mata Minus dan Silinder serta Solusinya

Setiap orang menginginkan setiap organ dan setiap tubuhnya dapat berfungsi secara baik dan normal. Namun apa dapat dikata jika seandainya mata mengalami kelainan dan mengalami gangguan dalam menjalankan fungsinya. Gangguan dan kelainan pada mata yang sering terjadi diantaranya adalah rabun jauh atau miopi, rabun dekat atau presbiopi dan astigmatisme.

Perbedaan yang mendasar dari kelainan atau gangguan yang dialami oleh mata tersebut, adalah cara mata menangkap suatu obyek atau benda. Mata yang tidak dapat menangkap obyek atau benda yang berada dalam jarak cukup jauh didiagnosa mengidap rabun jauh atau miopi dan sebaliknya, mata yang tidak bisa menangkap obyek atau benda dalam jarak yang cukup dekat dikatakan sebagai rabun dekakt atau presbiopi. Sedangkan mata yang didiagnosa mengidap astigmatisme adalah keadaan dimana mata tidak bisa membedakan garis yang sejatinya lurus dan sebaliknya.

Perbedaan Sakit Mata Minus dan Silinder serta Solusinya

Berikut adalah pembahasan yang lebih mendalam mengenai perbedaan antara mata minus dan mata silinder beserta solusinya.

Mata Rabun Jauh atau Mata Minus

Mata mengalami gangguan untuk melihat benda atau obyek yang terletak dalam jarak yang cukup jauh. Keadaan kornea mata yang terlalu melengkung panjang dan terlalu cembung, menyebakan bayangan obyek atau benda tidak jatuh tepat pada retina, tetapi berada di belakang retina mata. Sehingga mata akan merasa kesulitan untuk menangkap obyek atau benda yang berada dalam jarak jauh. Misalnya seperti saat membaca atau menonton televisi dengan jarak yang terlalu dekat, serta dengan cahaya yang temaram.

Selain itu Anda juga tidak disarankan terlalu lelah bekerja di depan komputer. Terbiasa melihat benda-benda dalam jarak yang sangat dekat, meskipun dengan jarak yang jauh sebetulnya mata bisa menangkap obyek tersebut, mata akan menyesuaikan dengan jarak yang dekat sehingga mata akan mengalami kesulitan ketika melihat benda atau obyek di jarak yang jauh.

Solusi untuk Anda yang sudah terlanjur menderita rabun jauh adalah dengan memberikan alat bantu berupa kacamata berlensa minus. Sehingga penyakit rabun jauh ini juga dikenal juga dengan istilah mata minus. Menjaga pola hidup sehat dan melakukan kebiasaan-kebiaasaan yang baik dan benar, seperti cara membaca dan menonton televisi jagalah dalam jarak yang aman untuk mata. Melakukan terapi mata dan minum suplemen khusus mata cukup mambantu, dan tentunya konsultasikan penglihatan anda dengan tenaga medis atau dokter ahli mata.

Mata Astigmatisma atau Mata Silinder

Astigmatisme adalah kelainan atau gangguan organ penglihatan yang diakibatkan pandangan mata kabur atau terdistorsi. Dialami saat lahir dan dapat juga disebabkan oleh cidera mata. Penyebab dari astigmatisme adalah lensa atau kornea mata yang tidak mulus yang dapat mengakibatkan cahaya yang masuk kedalam kornea mata menjadi tidak fokus.

Hal inilah yang menyebabkan mata mengalami gangguan penglihatan yang dapat berdampak dalam kehidupan sehari-hari, seperti pandangan mata yang samar dan tidak fokus, pusing, mata lelah, sensitif terhadap cahaya, kesulitan membedakan warna-warna yang letaknya bersebelahan serta kesullitan dalam melihat dan menggambar garis yang lurus ataaupun sebaliknya. Sebagian besar kasus astimatisme adalah masih dalam golongan yang ringan, sehingga tidak memerlukan pengobatan sama sekali.

Untuk membantu penerita astigmatisme yang masih kategori ringan, penderita dapat diberikan bantuan kacamata untuk membantu penglihatannya. Menggunakan lensa yang berjenis silinder akan mengkoreksi serta membantu penderita astigmatisma. Hal inilah yang menyebabkan penderita astigmatisma dikatakan mata silinder.  Melakukan pembedahan jika dirasa perlu untuk penderita astigmatisma yang masuk dalam golongan berat dapat menyembuhkan.

Demikian adalah perbedaan antara mata minus dan silinder serta solusinya, semoga memberikan gambaran tentang berbagai jenis kelainan serta gangguan pada mata. Penganan dan pengobatan yang tepat akan dapat mengurangi atau bahkan menyembuhkan. Semoga bermanfaat.

Perbedaan Penyakit Mata Minus dan Plus Serta Solusinya

Perbedaan Penyakit Mata Minus dan Plus Serta Solusinya

Penyakit mata yang disertai dengan terjadinya gangguan penglihatan atau kesulitan mata melihat benda atau obyek pada jarak tertentu, disebut dengan istilah rabun. Rabun atau kesulitan mata untuk melihat suatu benda atau obyek tersebut dapat dibagi menjadi dua macamnya yaitu rabun jauh dan rabun dekat.

Berikut akan dibahas tentang perbedaan penyakit mata rabun jauh atau lebih dikenal dengan istilah mata minus dan mata rabun dekat atau lebih dikenal dengan istilah mata plus.

Perbedaan Penyakit Mata Minus dan Plus Serta Solusinya

Rabun Jauh atau miopi

Kelainan atau kesulitan mata yang tidak dapat melihat benda atau obyek dalam jarak jauh dikenal dengan istilah rabun jauh. Kondisi kornea mata yang terlalu cembung atau melengkung panjang menyebabkan berkas cahaya yang masuk difokuskan pada bayangan yang terjatuh pada depan retina tidak tepat diretina mata. Sehingga mata akan kesulitan melihat obyek tersebut.

Untuk membuat cahaya obyek tersebut jatuh tepat pada retina, diperlukan bantuan lensa minus atau lensa cekung. Hal inilah yang dapat dijadikan solusi agar mata dapat melihat jelas dan menjadikan alasan kenapa rabun jauh disebut dengan mata minus. Untuk mengatasi mata rabun jauh atau mata minus tidak menjadi semakin parah dan semakin buruk kondisinya adalah dengan melakukan beberapa aktifitas berikut.

Mengenal penyebab mata minus

Mata minus merupakan salah satu rabun yang banyak diidap. Salah satu penyebabnya adalah kurang istirahat, gaya hidup yang salah, serta faktor genetik atau keturunan. Memperbaiki gaya hidup, menjadi lebih sehat semisal membaca tidak di tempat gelap atau temaram, mengistirahatkan mata ketika lelah bisa dilakukan.

Sering melepas kacamata untuk aktifitas yang tidak menggunakan mata sebagai fokusnya

Kita dapat melepas kacamata jika melakukan aktifitas diruangan yang masih bisa kita lakukan tanpa menggunakan bantuan kacamata minus kita.

Melatih fokus mata

Melakukan latihan fokus mata dengan melihat obyek benda dalam jarak tertentu.

Rabun Dekat atau presbiopi

Kesulitan atau kelainan mata yang tidak bisa melihat benda atau obyek dalam jarak yang dekat. Kondisi kornea mata yang terlalu melengkung pendek sehingga berkas cahaya yang masuk kedalam kornea mata akan jatuh dibelakang retina mata. Sehingga mata akan kesulitan untuk melihat benda atau obyek dalam jarak yang cukup dekat.

Beda dengan rabun jauh yang banyak diderita oleh anak – anak hingga dewasa, penderita rabun dekat ini pada umumnya adalah orang yang berusia 40 tahun keatas. Untuk mengatasi mata rabun dekat sekaligus merupakan solusi dari penyakit rabun dekat adalah dengan menggunakan kacamata yang berlensa plus. Hal ini jugalah yang menjadikan rabun dekat dikenal juga dengan istilah mata plus.

Menurunnya kemampuan syaraf otot mata menyebabkan penderita  mengalami kelelahan pada mata. Pada kondisi ini penderita lebih rentan untuk menderita glukoma, yaitu meningkatnya tekanan massa pada bola mata dan jika tidak diobati glukoma dapat menyebabkan kebutaan.  Pilihan obat-obatan herbal dapat dijadikan pilihan untuk mengobati mata plus, buah blueberry, ginkgo, eyebright. Sayuran yang mengandung lutein seperti bayam, brokoli, anggur, dan jeruk dapat menjadi pilihan. Lakukan terapi mata dengan cara melihat jari telunjuk secara fokus semula pada jarak dekat dan menjauh secara perlahan. Lakukan secara berulang dan kontinyu.

Demikian perbedaan antara penyakit mata minus dan mata plus beserta solusinya, semoga dapat menjadikan salah satu bahan masukan untuk kita dapat hidup lebih sehat dan menjaga kesehatan penglihatan kita. Semoga bermanfaat.