Penyebab Sakit Mata dan Cara Mengobatinya secara Alami

Penyebab Sakit Mata dan Cara Mengobatinya secara Alami

Sakit mata adalah istilah yang meliputi rasa sakit yang timbul di daerah sekitar mata, ketidakmampuan mata untuk melihat selayaknya mata sehat, maupun adanya gangguan yang mengakibatkan ketidak normalan bentuk mata. Penyebab dan pengobatan untuk sakit mata pun bermacam-macam. Mulai dari pengobatan tradisional, hingga pengobatan modern dengan menggunakan peralatan yang canggih.

Penyebab Sakit Mata dan Cara Mengobatinya secara Alami

Penyebab dan Pengobatan Sakit Mata

Rasa Sakit yang Timbul di Daerah sekitar Mata

Dapat disebabkan banyak sekali faktor seperti :

  • Peradangan dan infeksi akibat kuman, virus atau pun bakteri
    Dapat disembuhkan dengan membersihkan area sekitar mata dan mengompresnya dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih dikenal sebagai anti oksidan yang ampuh untuk membunuh kuman, virus, dan bakteri.
  • Adanya benda asing yang masuk ke dalam mata (kelilipan)
    Dapat disembuhkan dengan mencuci mata dengan air bersih. Meminta seseorang untuk meniup mata yang sedang kelilipan juga terbukti ampuh. Namun cara ini sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering karena beresiko memindahkan kotoran dan kuman di mulut ke mata orang yang sedang kelilipan.
    Namun harus diketahui, apakah rasa kelilipan tersebut timbul karena adanya kotoran yang masuk ke dalam mata, atau karena mata sedang lelah. Mata yang sedang lelah pun akan mengalami rasa kelilipan yang sangat mengganggu.
  • Mata yang kelelahan (misalnya setelah begadang atau terlalu lama menonton TV)
    Mata yang kelelahan akan menyebabkan rasa sakit di kepala dan di mata. Sering juga akan menimbulkan efek seperti orang yang sedang merasa kelilipan.
    Untuk menyembuhkan mata yang sakit karena kelelahan, cara terbaik adalah dengan tidur atau memejamkan mata beberapa
  • Benturan dan memar pada daerah sekitar mata (misalnya terkena pukulan pada mata)
    Memar pada mata akibat pukulan dapat disembuhkan dengan mengkompres mata tersebut dengan menggunakan air dingin.
  • Alergi
    Satu-satunya cara untuk mengatasi sakit mata akibat alergi adalah dengan meminum obat alergi tersebut, dan juga menghindari penyebab alergi. Namun jika secara kebetulan tidak ada obat alergi, mengkompres dan membersihkan area sekitar mata dapat membantu meredakan dan menyembuhkan rasa sakit di mata akibat alergi

Ketidakmampuan Mata untuk Melihat secara Normal

Mata dapat mengalami gangguan sehingga fungsinya tidak optimal seperti rabun jauh, rabun dekat, katarak, astigmatisme, ataupun kebutaan. Penyebab dan pengobatannya pun bermacam-macam.

  • Kerabunan
    Disebabkan rusaknya salah satu atau beberapa bagian mata seperti kornea, lensa mata, dan otot mata. Penyebab kerusakan tersebut meliputi faktor keturunan, terlalu sering menonton TV atau di depan komputer, mata sering dipakai hingga terlalu lelah (begadang), ataupun membaca di tempat yang gelap dan membaca terlalu dekat.
    Rabun jauh dapat diatasi, diobati, dan disembuhkan dengan beberapa cara di antaranya :
    Menggunakan kacamata
    2. Mengkonsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin, terutama vitamin A
    3. Menghindari kegiatan-kegiatan yang dapat merusak mata
    4. Melakukan senam mata untuk mengembalikan kelenturan otot, lensa, dan kornea mata.
  • Katarak
    Pada dasarnya katarak sama halnya dengan uban, pasti akan dialami setiap manusia saat tua. Penyembuhan untuk katarak yang efektif adalah dengan prosedur operasi katarak. Namun untuk mencegah terjadinya katarak pada usia dini, seseorang sebaiknya rajin memakan buah-buahan yang mengandung vitamin A seperti wortel dan tomat, serta buah yang kaya akan zinc seperti pisang dan alpukat.

Ketidak Normalan Bentuk Mata

Beberapa bentuk ketidak normalan bentuk mata di antaranya adalah mata yang tampak sayu, mata memerah, serta kejulingan. Secara alami semua ketidak normalan tersebut dapat diatasi dengan senam mata yang diikuti dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan vitamin A, E, K, protein, dan zinc.

7 Obat Mata Bintitan Secara Alami dari Bahan Tradisional yang Mudah Didapat

7 Obat Mata Bintitan Secara Alami dari Bahan Tradisional yang Mudah Didapat

Bintitan atau dalam istilah dokter disebut Hordeolum adalah suatu penyakit mata yang biasanya diawali bintil kecil kemerahan di sekitar mata dan biasanya hanya terjadi pada salah satu mata. Bintitan sendiri adalah penyakit mata yang paling sering dialami oleh banyak orang, bintitan sangat mengganggu sekali selain karena rasanya yang sakit juga karena bisa mengurangi rasa kepercayaan diri, apalagi dalam masyarakat ada anggapan jika seseoprang menderita bintitan itu artinya dia sering mengintip padahal mengintip dan bintitan tidak ada hubungannya sama sekali.

7 Obat Mata Bintitan Secara Alami Dari Bahan Tradisional Yang Mudah Didapat

Sesungguhnya penyebab bintitan adalah karena masalah kebersihan atau kebiasaan buruk mengucek mata sehingga timbul bakteri yang membuat infeksi di daerah akar rambut bulu mata. Bintitan bukanlah suatu penyakit yang serius namun sangat menggaggu itulah banyak orang yang merasa terganggu karena bintitan.

Bintitan sering ditandai dengan gejala seperti benjolan seperti jerawat kecil yang tumbuh di sekitar klopak mata yang biasanya berwarna merah dan terasa perih. Banyak orang yang karena merasa terganggu oleh bintitan, mereka tidak sabar dan biasanya langsung memencet bintitan, padahal itu salah. Meemncet bintitan hanya akan membuat cairan menyebar ke bagian mata lain dan memperluas daerah mata yang bintitan, meskipun pada akhirnya kempis dalam waktu seminggu. Namun ada beberapa cara untuk menyembuhkan mata yang bintitan secara alami dengan menggunakan bahan Tradisional, simak beberapa caranya berikut ini:

  1. Teh Celup

6 Obat Mata Bintitan Secara Alami dari Bahan Tradisional yang Mudah Didapat

Cara pertama adalah menggunakan teh celup, the celup dapat mengurangi rasa sakit pada mata yang bintitan caranya adalah.

  • Ambil satu kantong the celup yang habis digunakan
  • Bersihkan kantong the celup
  • Lalu kompres pada bagian mata yang sakit
  • Tunggu selama 30 Menit lalu bersihkan
  1. Ketumbar

Ketumbar memiliki kandungan vitamin K yang sangat tinggi yang yang sangat bermanfaat untuk penyembuhan luka, oleh karena itu ketumbar juga sangat berguna untuk mengobati bintitan. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Ambil 2-3 sendok makan ketumbar
  • Kemudian rebus sampai mendidih
  • Jadikan air rebusan ini untuk mengompres bagian mata yang bintitan
  1. Kunyit

Kunyit , tumbuhan ini terkenal mengandung banyak anti inflamasi dan anti bakteri yang baik untuk penyembuhan luka infeksi , sehingga tanaman ini juga dapat berguna untuk mengobati mata bintitan dengan cara.

  • Tumbuk beberapa ruas kunyit
  • Lapisi pada kain halus
  • Gunakan untuk mengomppres mata bintitan
  • Lakukan dengan rutin 2x sehari
  1. Bunga Mawar

Bunga Mawar tak hanya bermanfaat untuk kecantikan, namun bunga ini juga bisa kita pakai sebagai obat mata khusunya bintitan karena kandungan dalam bunga mawar yang mampu membuat bengkak pada bintit kempis, caranya adalah.

  • Ambil beberapa tangkai bunga mawar
  • Remas hingga mengeluarkan air
  • Oleskan pada mata yang bintitan
  1. Bawang Putih

Bawang putih sudah terkenal mampu mengobati berbagai penyakit mata tak terkecuali bintitan caranya simple dan bias anda lakukan dirumah.

  • Ambil satu suing bawang putih
  • Haluskan dengan blender atau ditumbuk
  • Oleskan pada bagian mata yang sakit
  1. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji juga memiliki senyawa anti bakteri sehingga cocok untuk mengobati mata yang bintitan, caranyapun sangat mudah dan sederhana.

  • Ambil beberapa lembar daun jambu biji
  • Bersihkan
  • Tumbuk sampai mengeluarkan air
  • Lalu oleskan pada mata yang bintitan.
  1. Air Hangat

Air Hangat sangat membantu untuk membersihkan bakteri bakteri yang menempel pada kelopak mata. cara untuk mengompres mata bintitan dengan air hangat juga sama seperti cara mengompres luka pada umumnya . siapkan handuk bersih,dan baskom kecil , cuci mata kemudian kompres dengan air hangat 15-30 menit lakukan secara rutin agar bintitan cepat kempis.

Bintitan bisa terjadi pada siapa saja oleh karena itu kita harus sangat peduli pada kesehatan dan kebersihan mata, untuk pencegahan anda juga bias memperhatikan cara cara berikut ini

  1. Selalu membersihkan mata
  2. Jika berada di lingkungan yang berdebu gunakan pelindung mata
  3. Bersihkan tangan saat ingin mengucek mata
  4. Bersihkan make up yang berada di sekitar mata
  5. Jangan biarkan barang barang di rumah kotor dan berdebu

Jika bintitan anda semakin parah jangan dibiarkan begitu saja dan segera periksa ke Dokter, semoga informasi ini bermanfaat untuk pembaca sekalian.