Setiap orang menginginkan setiap organ dan setiap tubuhnya dapat berfungsi secara baik dan normal. Namun apa dapat dikata jika seandainya mata mengalami kelainan dan mengalami gangguan dalam menjalankan fungsinya. Gangguan dan kelainan pada mata yang sering terjadi diantaranya adalah rabun jauh atau miopi, rabun dekat atau presbiopi dan astigmatisme.

Perbedaan yang mendasar dari kelainan atau gangguan yang dialami oleh mata tersebut, adalah cara mata menangkap suatu obyek atau benda. Mata yang tidak dapat menangkap obyek atau benda yang berada dalam jarak cukup jauh didiagnosa mengidap rabun jauh atau miopi dan sebaliknya, mata yang tidak bisa menangkap obyek atau benda dalam jarak yang cukup dekat dikatakan sebagai rabun dekakt atau presbiopi. Sedangkan mata yang didiagnosa mengidap astigmatisme adalah keadaan dimana mata tidak bisa membedakan garis yang sejatinya lurus dan sebaliknya.

Perbedaan Sakit Mata Minus dan Silinder serta Solusinya

Berikut adalah pembahasan yang lebih mendalam mengenai perbedaan antara mata minus dan mata silinder beserta solusinya.

Mata Rabun Jauh atau Mata Minus

Mata mengalami gangguan untuk melihat benda atau obyek yang terletak dalam jarak yang cukup jauh. Keadaan kornea mata yang terlalu melengkung panjang dan terlalu cembung, menyebakan bayangan obyek atau benda tidak jatuh tepat pada retina, tetapi berada di belakang retina mata. Sehingga mata akan merasa kesulitan untuk menangkap obyek atau benda yang berada dalam jarak jauh. Misalnya seperti saat membaca atau menonton televisi dengan jarak yang terlalu dekat, serta dengan cahaya yang temaram.

Selain itu Anda juga tidak disarankan terlalu lelah bekerja di depan komputer. Terbiasa melihat benda-benda dalam jarak yang sangat dekat, meskipun dengan jarak yang jauh sebetulnya mata bisa menangkap obyek tersebut, mata akan menyesuaikan dengan jarak yang dekat sehingga mata akan mengalami kesulitan ketika melihat benda atau obyek di jarak yang jauh.

Baca Juga Artikel Ini:  5 Ciri-Ciri Mata Minus pada Anak Remaja dan 6 Hal yang Menjadi Penyebabnya

Solusi untuk Anda yang sudah terlanjur menderita rabun jauh adalah dengan memberikan alat bantu berupa kacamata berlensa minus. Sehingga penyakit rabun jauh ini juga dikenal juga dengan istilah mata minus. Menjaga pola hidup sehat dan melakukan kebiasaan-kebiaasaan yang baik dan benar, seperti cara membaca dan menonton televisi jagalah dalam jarak yang aman untuk mata. Melakukan terapi mata dan minum suplemen khusus mata cukup mambantu, dan tentunya konsultasikan penglihatan anda dengan tenaga medis atau dokter ahli mata.

Mata Astigmatisma atau Mata Silinder

Astigmatisme adalah kelainan atau gangguan organ penglihatan yang diakibatkan pandangan mata kabur atau terdistorsi. Dialami saat lahir dan dapat juga disebabkan oleh cidera mata. Penyebab dari astigmatisme adalah lensa atau kornea mata yang tidak mulus yang dapat mengakibatkan cahaya yang masuk kedalam kornea mata menjadi tidak fokus.

Hal inilah yang menyebabkan mata mengalami gangguan penglihatan yang dapat berdampak dalam kehidupan sehari-hari, seperti pandangan mata yang samar dan tidak fokus, pusing, mata lelah, sensitif terhadap cahaya, kesulitan membedakan warna-warna yang letaknya bersebelahan serta kesullitan dalam melihat dan menggambar garis yang lurus ataaupun sebaliknya. Sebagian besar kasus astimatisme adalah masih dalam golongan yang ringan, sehingga tidak memerlukan pengobatan sama sekali.

Untuk membantu penerita astigmatisme yang masih kategori ringan, penderita dapat diberikan bantuan kacamata untuk membantu penglihatannya. Menggunakan lensa yang berjenis silinder akan mengkoreksi serta membantu penderita astigmatisma. Hal inilah yang menyebabkan penderita astigmatisma dikatakan mata silinder.  Melakukan pembedahan jika dirasa perlu untuk penderita astigmatisma yang masuk dalam golongan berat dapat menyembuhkan.

Demikian adalah perbedaan antara mata minus dan silinder serta solusinya, semoga memberikan gambaran tentang berbagai jenis kelainan serta gangguan pada mata. Penganan dan pengobatan yang tepat akan dapat mengurangi atau bahkan menyembuhkan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga Artikel Ini:  4 Cara Mengobati Mata Minus Tinggi Secara Alami dengan Bahan Herbal