Penyakit mata yang disertai dengan terjadinya gangguan penglihatan atau kesulitan mata melihat benda atau obyek pada jarak tertentu, disebut dengan istilah rabun. Rabun atau kesulitan mata untuk melihat suatu benda atau obyek tersebut dapat dibagi menjadi dua macamnya yaitu rabun jauh dan rabun dekat.

Berikut akan dibahas tentang perbedaan penyakit mata rabun jauh atau lebih dikenal dengan istilah mata minus dan mata rabun dekat atau lebih dikenal dengan istilah mata plus.

Perbedaan Penyakit Mata Minus dan Plus Serta Solusinya

Rabun Jauh atau miopi

Kelainan atau kesulitan mata yang tidak dapat melihat benda atau obyek dalam jarak jauh dikenal dengan istilah rabun jauh. Kondisi kornea mata yang terlalu cembung atau melengkung panjang menyebabkan berkas cahaya yang masuk difokuskan pada bayangan yang terjatuh pada depan retina tidak tepat diretina mata. Sehingga mata akan kesulitan melihat obyek tersebut.

Untuk membuat cahaya obyek tersebut jatuh tepat pada retina, diperlukan bantuan lensa minus atau lensa cekung. Hal inilah yang dapat dijadikan solusi agar mata dapat melihat jelas dan menjadikan alasan kenapa rabun jauh disebut dengan mata minus. Untuk mengatasi mata rabun jauh atau mata minus tidak menjadi semakin parah dan semakin buruk kondisinya adalah dengan melakukan beberapa aktifitas berikut.

Mengenal penyebab mata minus

Mata minus merupakan salah satu rabun yang banyak diidap. Salah satu penyebabnya adalah kurang istirahat, gaya hidup yang salah, serta faktor genetik atau keturunan. Memperbaiki gaya hidup, menjadi lebih sehat semisal membaca tidak di tempat gelap atau temaram, mengistirahatkan mata ketika lelah bisa dilakukan.

Sering melepas kacamata untuk aktifitas yang tidak menggunakan mata sebagai fokusnya

Kita dapat melepas kacamata jika melakukan aktifitas diruangan yang masih bisa kita lakukan tanpa menggunakan bantuan kacamata minus kita.

Baca Juga Artikel Ini:  Mengobati Mata Juling karena Mata Minus secara Alami

Melatih fokus mata

Melakukan latihan fokus mata dengan melihat obyek benda dalam jarak tertentu.

Rabun Dekat atau presbiopi

Kesulitan atau kelainan mata yang tidak bisa melihat benda atau obyek dalam jarak yang dekat. Kondisi kornea mata yang terlalu melengkung pendek sehingga berkas cahaya yang masuk kedalam kornea mata akan jatuh dibelakang retina mata. Sehingga mata akan kesulitan untuk melihat benda atau obyek dalam jarak yang cukup dekat.

Beda dengan rabun jauh yang banyak diderita oleh anak – anak hingga dewasa, penderita rabun dekat ini pada umumnya adalah orang yang berusia 40 tahun keatas. Untuk mengatasi mata rabun dekat sekaligus merupakan solusi dari penyakit rabun dekat adalah dengan menggunakan kacamata yang berlensa plus. Hal ini jugalah yang menjadikan rabun dekat dikenal juga dengan istilah mata plus.

Menurunnya kemampuan syaraf otot mata menyebabkan penderita  mengalami kelelahan pada mata. Pada kondisi ini penderita lebih rentan untuk menderita glukoma, yaitu meningkatnya tekanan massa pada bola mata dan jika tidak diobati glukoma dapat menyebabkan kebutaan.  Pilihan obat-obatan herbal dapat dijadikan pilihan untuk mengobati mata plus, buah blueberry, ginkgo, eyebright. Sayuran yang mengandung lutein seperti bayam, brokoli, anggur, dan jeruk dapat menjadi pilihan. Lakukan terapi mata dengan cara melihat jari telunjuk secara fokus semula pada jarak dekat dan menjauh secara perlahan. Lakukan secara berulang dan kontinyu.

Demikian perbedaan antara penyakit mata minus dan mata plus beserta solusinya, semoga dapat menjadikan salah satu bahan masukan untuk kita dapat hidup lebih sehat dan menjaga kesehatan penglihatan kita. Semoga bermanfaat.