Sakit mata adalah istilah yang meliputi rasa sakit yang timbul di daerah sekitar mata, ketidakmampuan mata untuk melihat selayaknya mata sehat, maupun adanya gangguan yang mengakibatkan ketidak normalan bentuk mata. Penyebab dan pengobatan untuk sakit mata pun bermacam-macam. Mulai dari pengobatan tradisional, hingga pengobatan modern dengan menggunakan peralatan yang canggih.

Penyebab Sakit Mata dan Cara Mengobatinya secara Alami

Penyebab dan Pengobatan Sakit Mata

Rasa Sakit yang Timbul di Daerah sekitar Mata

Dapat disebabkan banyak sekali faktor seperti :

  • Peradangan dan infeksi akibat kuman, virus atau pun bakteri
    Dapat disembuhkan dengan membersihkan area sekitar mata dan mengompresnya dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih dikenal sebagai anti oksidan yang ampuh untuk membunuh kuman, virus, dan bakteri.
  • Adanya benda asing yang masuk ke dalam mata (kelilipan)
    Dapat disembuhkan dengan mencuci mata dengan air bersih. Meminta seseorang untuk meniup mata yang sedang kelilipan juga terbukti ampuh. Namun cara ini sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering karena beresiko memindahkan kotoran dan kuman di mulut ke mata orang yang sedang kelilipan.
    Namun harus diketahui, apakah rasa kelilipan tersebut timbul karena adanya kotoran yang masuk ke dalam mata, atau karena mata sedang lelah. Mata yang sedang lelah pun akan mengalami rasa kelilipan yang sangat mengganggu.
  • Mata yang kelelahan (misalnya setelah begadang atau terlalu lama menonton TV)
    Mata yang kelelahan akan menyebabkan rasa sakit di kepala dan di mata. Sering juga akan menimbulkan efek seperti orang yang sedang merasa kelilipan.
    Untuk menyembuhkan mata yang sakit karena kelelahan, cara terbaik adalah dengan tidur atau memejamkan mata beberapa
  • Benturan dan memar pada daerah sekitar mata (misalnya terkena pukulan pada mata)
    Memar pada mata akibat pukulan dapat disembuhkan dengan mengkompres mata tersebut dengan menggunakan air dingin.
  • Alergi
    Satu-satunya cara untuk mengatasi sakit mata akibat alergi adalah dengan meminum obat alergi tersebut, dan juga menghindari penyebab alergi. Namun jika secara kebetulan tidak ada obat alergi, mengkompres dan membersihkan area sekitar mata dapat membantu meredakan dan menyembuhkan rasa sakit di mata akibat alergi
Baca Juga Artikel Ini:  Obat Mata Merah dan Gatal Tradisional dengan Bahan yang Mudah Didapat

Ketidakmampuan Mata untuk Melihat secara Normal

Mata dapat mengalami gangguan sehingga fungsinya tidak optimal seperti rabun jauh, rabun dekat, katarak, astigmatisme, ataupun kebutaan. Penyebab dan pengobatannya pun bermacam-macam.

  • Kerabunan
    Disebabkan rusaknya salah satu atau beberapa bagian mata seperti kornea, lensa mata, dan otot mata. Penyebab kerusakan tersebut meliputi faktor keturunan, terlalu sering menonton TV atau di depan komputer, mata sering dipakai hingga terlalu lelah (begadang), ataupun membaca di tempat yang gelap dan membaca terlalu dekat.
    Rabun jauh dapat diatasi, diobati, dan disembuhkan dengan beberapa cara di antaranya :
    Menggunakan kacamata
    2. Mengkonsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin, terutama vitamin A
    3. Menghindari kegiatan-kegiatan yang dapat merusak mata
    4. Melakukan senam mata untuk mengembalikan kelenturan otot, lensa, dan kornea mata.
  • Katarak
    Pada dasarnya katarak sama halnya dengan uban, pasti akan dialami setiap manusia saat tua. Penyembuhan untuk katarak yang efektif adalah dengan prosedur operasi katarak. Namun untuk mencegah terjadinya katarak pada usia dini, seseorang sebaiknya rajin memakan buah-buahan yang mengandung vitamin A seperti wortel dan tomat, serta buah yang kaya akan zinc seperti pisang dan alpukat.

Ketidak Normalan Bentuk Mata

Beberapa bentuk ketidak normalan bentuk mata di antaranya adalah mata yang tampak sayu, mata memerah, serta kejulingan. Secara alami semua ketidak normalan tersebut dapat diatasi dengan senam mata yang diikuti dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan vitamin A, E, K, protein, dan zinc.