Anak-anak seringkali mengalami masalah mata bengkak. Penyebabnya bermacam-macam mulai dari adanya penyakit, lebam karena berkelahi, hingga pola hidup yang tidak sehat.

Obat Mata Bengkak Sebelah Pada Anak Yang Alami Dan Tradisional

Penyebab Mata Bengkak

Anda perlu mencari tahu apa yang menyebabkan mata anak anda menjadi bengkak. Hal ini perlu anda lakukan agar pengobatan yang diberikan dapat lebih efektif.

Penyebab mata bengkak sendiri terdiri dari mata bengkak akibat penyakit, mata bengkak akibat adanya kuman dan bakteri, serta mata bengkak karena pola hidup tidak sehat.

  • Mata Bengkak akibat Penyakit
    Blepharitis adalah penyakit yang menyebabkan mata menjadi membengkak. Pembengkakan terjadi karena berlebihnya minyak mata akibat alergi, biasanya alergi pada kosmetik.
  • Mata Bengkak akibat Virus dan Bakteri
    Pink Eye atau Konjungtivitas Mata adalah infeksi pada mata yang disebabkan oleh virus ataupun bakteri. Untuk jenis penyebab bengkak ini, sebaiknya dibawa ke dokter untuk mendapatkan obat mata yang tepat dan segera mendapatkan prosedur penanganan yang seharusnya.
  • Mata Bengkak akibat Pola Hidup atau Kebiasaan yang Tidak Sehat
    Ini adalah penyebab paling banyak mata bengkak pada anak. Pola hidup tidak sehat ini meliputi :- berkelahi dengan anak lainnya hingga mata mengalami pukulan/memar
    – begadang
    – senang mengucek mata dengan tangan
    – terlalu sering di bawah terik matahari

    Oleh sebab itu, kebiasaan-kebiasaan ini harus dihindari oleh anda maupun anak anda (bagaimanapun juga seorang anak akan mencontoh yang dilakukan orangtuanya)

Mengobati Mata Bengkak

Karena banyaknya penyebab mata bengkak, obat dan solusi mengatasi masalah inipun bermacam-macam. Beberapa orang langsung membawa ke dokter untuk ditangani dan diberikan obat-obatan modern.

Namun sebenarnya anda dapat juga mengobati mata bengkak ini dengan obat-obatan alami dan metode tradisional, di antaranya :

  • Mengkompres Mata
    Untuk mata bengkak karena alergi ataupun memar pukulan sebaiknya kompres dengan air dingin. Sementara itu, untuk mata bengkak karena virus atau bakteri, kompres dengan menggunakan air panas.
  • Menggunakan Air Garam
    Air garam dapat membunuh bakteri atau kuman yang menyerang mata anak anda. Caranya pun cukup sederhana. Larutkan garam secukupnya pada segelas air. Larutan garam kemudian dioleskan dengan kapas pada matanya. Umumnya, hanya dalam beberapa saat bengkak pada mata akan mengempis.
  • Meminum Air Putih
    Untuk blepharitis/produksi kelenjar minyak yang berlebihan, air putih adalah solusi yang sangat ampuh karena dapat menetralkan kandungan kelenjar minyak pada mata anda.
    Selain itu, air putih dapat membantu menyegarkan kondisi tubuh sehingga proses penyembuhan dapat berjalan lebih cepat.
  • Menggunakan Cara atau Mengkonsumsi Obat-obatan Tradisional / Alami
    Beberapa obat-obat an tradisional dan alami tersebut meliputi :
    Mengkompres mata dengan mentimun
    Caranya dengan memotong mentimun seperti salad lalu menempelkannya pada mata yang bengkak.
    Rasa dingin dan kandungan nutrisi dari mentimun dapat membantu meringankan rasa sakit akibat bengkak dan mengompres bengkak hingga mengecil.
    Menempelkan bawang putih pada kelopak mata
    Bawang putih sudah begitu dikenal sebagai anti bakteri alami. Fungsi anti bakteri pada bawang putih dapat digunakan untuk membantu penyembuhan bengkak mata akibat virus, kuman, dan bakteri pada penyakit seperti bintilan, konjungtivitas, dan iritasi mata.
    Menggunakan masker putih telur
    Putih telur pun dapat anda gunakan untuk menyembuhkan bengkak pada mata. Cara penggunaannya tidak terlalu rumit karena anda cukup mengoleskan putih telur pada mata yang bengkak.
    Biarkan putih telur di mata selama setengah jam lalu dihapus. Bengkak akan kempes dengan segera.
    Menggunakan kantung teh celup
    Kantung teh bekas pakai juga dapat anda pergunakan untuk mengkompres bengkak di mata. Kandungan zat dan rasa dingin dari teh celup tersebut berfungsi sebagai antioksidan yang mencegah perkembang biakan bakteri atau jamur yang menyebabkan bengkak pada mata.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan

Beberapa orang mungkin ragu untuk mencoba menggunakan pengobatan tradisional maupun obat-obatan alami dan tradisional. Sebenarnya obat dan pengobatan tradisional ini sudah diakui secara medis memang ampuh untuk menyembuhkan bengkak pada mata. Namun tentu saja ada beberapa hal yang harus tetap diperhatikan, diantaranya:

  • Perhatikan kemungkinan alergi anak
    Apakah anak anda memiliki alergi pada obat alami yang anda pilih ?  Jangan sampai metode yang anda pilih justru mengakibatkan bengkak di mata jadi membesar. Hal ini sebenarnya sangat jarang terjadi, namun tetap perlu anda perhatikan dengan baik.
  • Perhatikan progress kesembuhan mata anak anda.
    Jika belum juga kempes, segera periksakan ke dokter. Pengobatan dengan bahan-bahan alami ini seharusnya dapat membantu kesembuhan pada bengkak anak anda.
    Mungkin saja ada masalah pada matanya yang memang memerlukan penanganan medis lebih serius.
  • Perhatikan kebersihan area mata yang bengkak
    untuk mempercepat proses penyembuhan, kebersihan di area mata yang bengkak harus tetap terjaga. Oleh sebab itu, baik kain kompresan, kapas untuk mengoles larutan garam, mentimun, bawang putih, dan obat lainnya haruslah diperhatikan kebersihannya.

Efek Samping

Selama penderita tidak memiliki alergi khusus, bengkak pada mata pada umumnya akan segera kempes hanya dalam beberapa jam saja (kasus alergi pada obat-obatan tradisional sangatlah jarang ditemukan). Oleh sebab itu, penggunaan obat dan pengobatan tradisional masih menjadi favorit tidak hanya di Indonesia namun di banyak negara maju lainnya.

Namun walaupun murah dan ampuh, sebaiknya penanganan pada mata bengkak ini harus dibarengi juga dengan doa.

Baca Juga Artikel Ini:  6 Obat Sakit Mata Alami Untuk Dewasa Karena Mata Merah Didepan Komputer