Memiliki masalah penglihatan mata minus atau rabun jauh (miopi) tidak hanya menyebabkan ketidak mampuan melihat objek jauh secara sempurna, namun juga dapat menyebabkan masalah mata juling atau jereng.

Mengobati Mata Juling karena Mata Minus secara Alami

Mata juling memang umumnya dibarengi dengan miopi atau mata minus, namun penyebab kejulingan belum tentu akibat terjadinya miopi. Ada beberapa hal yang diyakini menjadi penyebab mata juling, diantaranya adalah :

1. Kondisi otot mata yang abnormal

Umumnya terjadi ketika otot mata kiri panjangnya berbeda dengan otot mata kanan. Jika hal ini terjadi, maka akan menyebabkan terjadinya mata juling.

2. Perbedaan minus mata yang terlalu jauh

Mata minus memang menyebabkan masalah kejulingan. Hal ini terjadi hanya ketika sebuah mata memiliki perbedaan minus hingga lebih dari 3, semisal mata sebelah kiri minus 2 namun mata sebelah kanan sudah minus 7.

3. Lazy Eyes

Adalah masalah sensitifitas dan keaktifan mata di mana salah satu mata lebih responsif dibanding mata lainnya sehingga ketika salah satu mata melihat ke kiri, mata lainnya tetap diam. Hal ini terjadi karena masalah pada syaraf mata.

4. Faktor Genetika, Virus, Bakteri, dan Cedera

Faktor-faktor yang disebut di atas dapat menyebabkan adanya syaraf pada otot mata yang tidak dapat berfungsi dengan normal sehingga terjadi perbedaan gerakan antara mata kiri dengan mata kanan, atau perbedaan antara arah pupil mata dengan cahaya yang masuk melalui kornea.

Bisakah Juling Disembuhkan?

Mata juling sebenarnya dapat disembuhkan, namun sangat bergantung pada beberapa faktor seperti :

  • Usia
  • Tingkat kejulingan
  • Kondisi syaraf-syaraf mata
  • Kemauan

Usia

Pada kondisi umur di bawah 10 tahun, kejulingan umumnya masih dapat disembuhkan namun untuk penderita yang lebih dewasa diperlukan tindakan-tindakan tambahan dan bahkan tindakan operasi untuk meluruskan bola mata.

Baca Juga Artikel Ini:  4 Cara Menyembuhkan Mata Minus dalam 1 Minggu Secara Alami

Tingkat Kejulingan

Ada beberapa penyebab mata juling. Untuk kasus kejulingan karena 1 sebab, dapat diatasi dengan lebih mudah. Namun umumnya kejulingan disebabkan 2 atau lebih sebab seperti juling akibat mata minus dan mata malas (lazy eyes) sehingga membutuhkan penanganan yang lebih khusus.

Kondisi Syaraf Mata

Untuk penderita juling baru, kejulingan dapat segera disembuhkan dengan obat-obat an. Namun jika dibiarkan terlalu lama, dikhawatirkan syaraf-syaraf mata (terutama pada kasus lazy eyes) akan mati dan tidak dapat lagi berfungsi sehingga pengobatan kejulingan tidak dapat lagi dilakukan.

Kemauan

Penyembuhan kejulingan bukan sesuatu yang abrakadabra sembuh. Harus melalui serangkaian pengobatan dan terapi. Oleh sebab itu, hanya orang yang benar-benar bertekad untuk sembuh yang benar-benar dapat sembuh dari mata juling.

Pengobatan

Ada banyak metode dan terapi untuk mengobati mata juling. Cara tercepat tentu saja dengan melalui prosedur operasi untuk meluruskan bola mata. Namun prosedur operasi mata selain berbiaya mahal juga beresiko kebutaan permanen. Oleh sebab itu, sebelum melakukan prosedur operasi, dokter mata umumnya akan memberikan beberapa alternatif yaitu :

Mengkonsumsi Obat Mata untuk Kejulingan

Penyembuhan melalui obat-obat an cukup efektif namun tergolong lama sehingga anda akan sering mengkonsumsi obat. Penggunaan obat yang terlalu lama dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Terapi Mata

Terapi mata cukup aman dan efektif dalam mengobati mata juling atau jereng terutama mata juling akibat lazy eyes. Namun jika masalah mata juling adalah karena perbedaan panjang otot mata, perbedaan minus mata yang mencolok, atau karena adanya kerusakan syaraf, terapi mata kurang efektif.

Penggunaan Kacamata

Sebenarnya penggunaan kacamata masuk ke dalam terapi mata. Namun penggunaan kacamata cukup efektif dalam mengatasi 2 masalah sekaligus yaitu mata minus dan mata juling. Walaupun demikian. Penggunaan kacamata tidak otomatis menyembuhkan masalah pada mata.

Baca Juga Artikel Ini:  5 Ciri-Ciri Mata Minus pada Anak Remaja dan 6 Hal yang Menjadi Penyebabnya

Alternatif

Selain dari ketiga metode penyembuhan tersebut, ternyata ada cara lain yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan mata minus. Cara tersebut adalah dengan penyembuhan secara alami dan dengan bahan-bahan tradisional yang mudah didapat.

Buah Billbery

Adalah sebuah buah yang extractnya dapat digunakan untuk menyembuhkan kejulingan. Hal ini dapat terjadi karena billbery mengandung zat-zat yang dapat membantu meningkatkan kekuatan otot-otot mata.

Konsumsi Ikan

Ikan-ikan yang mengandung Omega dapat membantu penyembuhan syaraf terutama syaraf mata.

Konsumsi buah dan sayur segar

Buah dan sayur terutama yang mengandung beta karoten dan vitamin A, E, dan K membantu pertumbuhan otot mata agar normal secara alami.

Terapi Mata Tradisional

Terapi ini meliputi menutup mata aktif agar mata malas lebih berfungsi dengan normal.

Namun cara terbaik dalam menyembuhkan mata juling secara alami tidak dapat hanya dengan 1 cara. Dibutuhkan berbagai kombinasi seperti :

melakukan terapi mata, ditambah mengkonsumsi obat dan makanan yang berguna untuk kesembuhan mata. Tidak lupa semua cara tersebut diiringi dengan doa memohon kesembuhan.

Jika cara-cara tersebut belum dapat berhasil, disarankan untuk menggunakan alternatif terakhir yaitu tetap menggunakan kacamata, atau melakukan prosedur operasi.

Semoga artikel ini bermanfaat.