Mata minus atau rabun jauh (miopi) umumnya dapat diatasi dengan penggunaan kacamata. Namun penggunaan kacamata cukup mengganggu di beberapa aktivitas yang anda lakukan. Misalnya saat berenang, bermain futsal, basket, ataupun kegiatan lainnya.

Cara Mengobati Mata Minus secara Alami tanpa Kacamata

Untuk yang merasa tidak nyaman menggunakan kacamata, atau ingin sembuh dari mata minus umumnya memiliki beberapa pilihan, diantaranya:

  • Penggunaan LASIK
    LASIK atau Laser Assisted in situ Keratomileusis adalah pembedahan mata menggunakan sinar laser untuk memperbaiki fungsi penglihatan mata.Cara penyembuhan dengan metode ini tergolong cepat namun memiliki beberapa kelemahan atau kekurangan seperti :

    – biaya untuk melakukan LASIK tergolong besar
    – kemungkinan kesalahan dalam operasi yang dapat menyebabkan kebutaan total
    – LASIK tidak menjamin masalah mata minus tidak akan kambuh atau muncul kembali

  • Menggunakan pengobatan tradisional
    Beberapa pengobatan tradisional/alternatif seperti akupuntur, pijat mata, dan obat-obat an tradisional menjanjikan anda dapat lepas dari kacamata hanya dalam waktu beberapa bulan, atau bahkan beberapa hari.Cara penyembuhan dengan metode ini tergolong murah namun sebenarnya sangat beresiko karena :
    – umumnya tidak memiliki dasar ilmiah dalam setiap praktek pengobatannya
    – umumnya praktisi pengobatan ini hanya belajar secara otodidak atau “coba-coba”
    – obat-obat an yang diberikan tidak dapat dipertanggung-jawabkan secara medis

Pengobatan yang Murah dan Aman
Oleh karena biaya dan resiko yang sudah disebut di atas, umumnya seseorang akan memutuskan untuk mencari alternatif lain yang aman dan murah agar terbebas dari kacamata.

Jika kita berbicara mengenai alternatif yang aman dan murah, maka jawabannya hanya “KEMBALI KE ALAM.”

Maksud dari “kembali ke alam” adalah anda sebenarnya dapat sembuh dari mata minus/rabun jauh dengan cara-cara yang alami. Beberapa cara alami tersebut selain sangat ampuh, namun juga cukup sederhana.

Cara-cara alami tersebut dibagi menjadi 3 jenis yaitu :

  1. Pengobatan dengan terapi olahraga mata
  2. Pengobatan dengan memakan makanan yang kaya akan vitamin dan nutrisi untuk mata
  3. Pengobatan dengan obat-obatan yang mengandung bahan alami, bervitamin dan bernutrisi

Terapi Olahraga Mata
Merupakan pengobatan dari mata minus dengan cara memberikan mata olahraga yang dapat mengembalikan elastisitas serta ketebalan lensa dan kornea mata. Terapi-terapi olahraga ini dapat anda lakukan di sela-sela waktu luang karena selain tidak memakan waktu yang terlalu lama, juga dapat dilakukan tanpa peralatan khusus.

Anda dapat melakukannya dengan cara :

– rajin melihat tanpa menggunakan kacamata
hal ini harus anda lakukan terutama saat tidak terlalu membutuhkan kacamata (seperti saat bersantai atau saat anda sedang senam atau joging di pagi hari)

Hal ini akan membantu lensa dan kornea mata untuk berkontraksi lebih sering hingga mencapai ketebalan dan elastisitas yang seharusnya.

– membasuh muka dan mata dengan air bersih
dengan mencuci mata anda, mata menjadi lebih segar dan kesehatan mata akan lebih cepat kembali ke “kondisi terbaiknya”.

– sisihkan waktu untuk mengistirahatkan mata
Dapat anda lakukan dengan cara seperti menutup mata selama beberapa menit setiap 1 jam. Hal ini harus anda lakukan agar mata tidak terlalu lelah, karena jika mata mengalami kelelahan, bukan kesembuhan yang akan anda dapatkan namun kesehatan mata yang akan semakin memburuk.

Pengobatan mata dengan bahan-bahan alami
Obat terbaik untuk mata adalah makanan yang kayak akan vitamin dan nutrisi untuk mata seperti :

  • Wortel
    Makanan ini sudah sangat terkenal akan kandungan vitamin A nya yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk mata.Selain membantu mengatasi masalah mata minus, wortel pun dapat membantu mencegah terjadinya katarak pada mata.
  • Ikan salmon
    Mengandung Omega 3 yang membantu lensa mata agar tidak mudah kering sehingga mata tidak mudah lelah, dan iritasi. Omega 3 juga membantu mata memproduksi protein yang dapat memperbaiki kelenturan dan ketebalan lensa serta kornea mata.

Selain beberapa makanan lain yang disebut di atas, beberapa makanan lain juga sangat berguna untuk kesehatan mata seperti alpukat, telur, tomat, bayam, dan sayur kol.

Melihat manfaat dari makanan-makanan untuk mata tersebut, banyak produsen obat mencoba menawarkan berbagai obat yang diklaim dapat membantu menyembuhkan masalah miopi pada mata anda.

Obat-obat ini mungkin saja efektif membantu kesehatan mata anda, namun tentunya anda harus teliti dalam memilih produk karena tidak semua obat-obat an tersebut benar-benar mengandung bahan alami dan aman bagi kesehatan anda.

Beberapa tips yang dapat anda ikuti dalam memilih obat-obatan alami bagi mata anda diantaranya adalah :

  • Pilihlah obat, suplemen, dan nutrisi untuk mata yang terbuat dari bahan-bahan herbal alami dan asli
  • Belilah obat, suplemen dan nutrisi untuk mata anda dari toko obat terdaftar untuk mengurangi kemungkinan anda mendapatkan obat palsu.

Demikianlah beberapa cara yang secara alami dapat membantu mengobati mata minus. Semoga cara-cara tersebut dapat membantu anda yang sedang mencari informasi untuk terbebas dari kacamata.

Baca Juga Artikel Ini:  4 Cara Menyembuhkan Mata Minus dalam 1 Minggu Secara Alami