Mata merupakan alat indera yang paling penting dan paling sensitif. Jika salah satu benda atau kuman masuk kedalamnya, mata akan merasa terganggu. Begitu juga dengan mata anak, akan tetapi kesehatan matanya masih sangat rentan karena masih dalam proses pertumbuhan, sehingga harus anda waspadai dan juga diperhatikan dalam segala hal yang akan mempengaruhi matanya.

6 Tips Menjaga Kesehatan Mata Pada Anak

Berikut tips menjaga mata anak anda agar tetap sehat:

  1. Batasi Menonton TV dan Bermain Komputer
    Jika anak terlalu sering dan berlama – lama menonton tv atau bermain komputer, apalagi jika menonton dan bermainnya dengan jarak yang dekat, matanya akan mengalami kelelahan, karena terus menatap layar tanpa berkedip. Apabila ini terus terjadi mata anak anda akan rusak, bahkan bisa mengalami mata rabun dan juga iritasi. Batasi waktu untuk menonton tv dan bermain komputer, maksimal tiga jam sehari, dan atur jarak mata dengan layar minimal satu meter.
  2. Hindari Membaca sambil Tidur
    Jangan membiarkan anak membaca buku, novel, atau komik sambil tidur. Tanpa disadari, mereka membaca dengan jarak yang begitu dekat dan itu sangat berpengaruh buruk bagi kesehatan matanya. Apabila anak sering membaca sambil tidur, maka matanya akan beresiko terkena rabun jauh atau rabun dekat.
  3. Mengajarkan Senam Mata pada Anak
    Biasanya kita sering melakukan senam untuk menyegarkan badan, senam bukan hanya dilakukan oleh badan saja, tetapi mata juga perlu. Ketika mata anak merasa lelah, senam yang baik untuk matanya adalah menggerakan bola mata secara perlahan keatas, kekanan, kebawah, kemudian kekiri, bisa juga dengan memijat disekitaran dekat mata, itu membantu mata agar segar kembali setelah merasakan kelelahan. Latih juga fokus pandangan mata pada jarak dekat ataupun jarak jauh, agar mata tetap sehat, normal dan tidak mengalami kerabunan
  4. Menjaga dan Memperhatikan Kebersihan Mata
    Untuk menjaga dan memperhatikan kebersihan mata pada anak, kita harus rutin untuk membersihkannya, jika anak sudah bisa membersihkan matanya sendiri biarkan dia melakukannya. Usahakanlah mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mata dibersihkan. Ketika ada sesuatu yang masuk ke dalam matanya beritahu agar tidak mengucek atau menggosok mata, hal itu akan membuat iritasi dan juga merusak kornea mata, biarkan kedipan mata bekerja untuk mengeluarkan benda asing yang masuk ke matanya dengan air yang udah dimasukkan kedalam wadah, anda bisa membantunya untuk hal ini, agar benda asing tersebut dapat keluar tanpa meninggalkan iritasi atau luka pada mata.
  5. Memberikan makanan yang menyehatkan
    Supaya mata anak anda tetap sehat, berikan asupan makanan yang bernutrisi. Berikan makanan yang mengandung banyak vitamin A seperti wortel dan bayam, apabila anak tidak menyukai sayuran, anda bisa memberikan buah buahan yang mengandung vitamin A bagi kesehatan matanya seperti mangga, pisang, tomat atau makanan yang mengandung banyak vitamin bagi kesehatan matanya. Jika anak tidak ingin memakan buah – buahan langsung, anda bisa membuatkannya dengan macam variasi tanpa menghilangkan vitamin yang terkandung didalamnya sepeti jus dan puding.
  6. Mengajak Anak Bermain diluar Rumah
    Seperti yang anda lihat saat ini, hampir kebanyakan anak lebih sering asik bermain didalam rumah dengan gadget atau smartphonenya, bila terlalu sering dan berlama lama akan menyebabkan kerusakan pada matanya, maka ajaklah anak bermain diluar rumah, mengajaknya bermain di taman, di playgroud, dan tempat rekreasi anak, tentunya dengan waktu yang cukup dan tidak terlalu lama, hal ini bisa membantu mencegah terjadinya kerabunan pada anak.
Baca Juga Artikel Ini:  6 Cara Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer

Demikian beberapa tips Menjaga Kesehatan pada Mata Anak yang harus anda lakukan, agar matanya tetap sehat. Jangan lupa untuk memberikan asupan makanan yang baik untuk kesehatan matanya dan jangan lupa untuk memberitahu pada anak anda supaya tidak melakukan kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan matanya.