Kelainan pada mata atau rabun merupakan suatu keadaan dimana mata tidak dapat melihat obyek atau benda pada jarak tertentu secara jelas. Untuk mata rabun itu sendiri dapat digolongkan menjadi dua golongan yaitu, rabun jauh dan rabun dekat.  Mata yang tidak bisa melihat secara jelas pada jarak yang dekat disebut dengan istilah rabun dekat atau presbiopi, sedangkan mata yang tidak bisa melihat benda atau suatu obyek secara jelas pada jarak yang jauh dikenal dengan istilah rabun jauh atau miopi.

6 Obat Mata Minus Alami Ampuh tanpa Kacamata

Apabila anda menderita salah satu rabun tersebut, tetapi belum mempunyai biaya untuk membeli kacamata sebagai alat bantunya, masih ada beberapa tips dan cara yang dapat digunakan sendiri dan  digunakan untuk menyembuhkan mata rabun. Cara atau tips tersebut diantarannya adalah :

1. Cobalah untuk beraktifitas tanpa menggunakan kacamata untuk melihat obyek atau benda dalam jarak tertentu. Agak paksakan fokus mata anda untuk melihat obyek atau benda khususnya benda atau obyek yang bergerak. Usahakan agar mata dapat menangkap obyek atau benda tersebut secara utuh dan tidak ada bayangan dari benda atau obyek bergerak tersebut.

2. Sering melihat pemandangan atau persawahan yang berwarna hijau.

Warna hijau memang menyejukkan, termasuk untuk kesehatan mata anda. Sering berlama-lama melihat obyek hijau semisal sawah yang membentang khususnya pada pagi hari, dipercaya dapat mengurangi rabun mata, khususnya rabun mata jauh.

3. Meminum jus wortel atau suplemen yang mengandung vitamin A

Membuat jus wortel yang mengandung banyak vitamin A dan betakaroten dapat terbukti efektif untuk mengurangi mata minus atau rabun jauh, serta menjaga kesehatan mata.

4. Hindari mata lelah

Beristirahatlah jika mata terasa lelah setelah beraktifitas padat atau mata terlalu lama berfokus pada benda-benda kecil atau kegiatan yang lebih menggunakan mata sebagai tumpuannya. Berikan jeda setiap setengah jam beraktifitas di depan komputer, dengan melihat benda-benda diluar ruangan dan berwarna hijau, terbukti dapat mengurangi kelelahan pada otot mata.

Baca Juga Artikel Ini:  Perbedaan Sakit Mata Minus dan Silinder serta Solusinya

5. Terapi lilin

Cara ini memang cukup unik namun terbukti ampuh untuk melatih fokus otot mata dan terbukti mengurangi mata minus atau rabun jauh. Caranya, dengan menyalakan lilin di ruangan yang gelap. Tataplah cahaya lilin tersebut secara fokus dan dilakukan sampai mata mengeluarkan air mata. Kotoran mata akan keluar bersama air mata tersebut. Mata juga dapat mengalami peningkatan dalam jarak fokus pandang nya. Lakukan secara kontinyu setidaknya setiap hari. Cara kuno ini terbukti sangat efektif untuk mengurangi mata yang minus.

6. Menjaga kesehatan mata

Jangan lupa untuk membersihkan mata anda, setidaknya menggunakan larutan daun sirih atau boorwater secara kontinnyu agar mata senantiasa bersih dan terhindar dari bakteri. Pakailah helm atau kacamata ketika anda berkendara, tujuannya adalah untuk menghindari debu atau partikel asing lainnya yang masuk kedalam mata.

Sangatlah mudahkan , menjaga kesehatan mata beserta cara atau tips untuk mengurangi mata yang rabun atau minus. Kita yang berikhtiar tetapi Tuhanlah yang menyembuhkan penyakit kita. Tetap berkonsultasi dengan tenaga medis atau dokter jika segala metode atau cara telah kita lakukan untuk mengurangi penyakit rabun atau mata minus kita. Mencegah lebih baik dari pada mengobati, lakukan gaya hidup sehat dengan membaca dan menonton televisi  pada jarak yang aman bagi mata, serta menjaga kesehatan mata secara rutin maka penyakit rabun pun akan menjauh. Semoga bermanfaat.