Mencegah memang lebih baik dibandingkan dengan mengobati, tak terkecuali pada kesehatan mata. Bagi Anda yang memiliki segudang aktivitas di depan komputer, Anda patut mewaspadai kesehatan mata Anda. Sebenarnya, ada banyak cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata. Berikut berbagai langkah mudah yang bisa Anda lakukan.

6 Cara Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer

Hindari rokok

Merokok bisa meningkatkan risiko penyakit katarak, kerusakan saraf optik, degenerasi makula serta bisa menyebabkan kebutaan. Merokok juga dapat menumbuhkan plak yang berada di aliran darah serta melemahkan arteri sehingga bisa menimbulkan risiko serangan jantung.

Rajin berolahraga

Sebuah penelitian menunjukkan jika olahraga bisa mengurangi risiko kehilangan penglihatan karena penyempitan atau pengerasan pada pembuluh darah. Anda bisa melakukan olahraga minimal 2 hingga 3 jam dalam seminggu. Tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup lakukan olahraga yang Anda sukai seperti bermain futsal, bermain sepakbola, badminton dan lain-lain.

Buang makeup yang sudah usang

Khusus wanita, riasan yang digunakan di mata biasanya berbentuk krim dan cair, karena bentuk ini bakteri bisa tumbuh dengan mudah. Lebih baik ganti dan buang makeup Anda bila sudah 3 bulan digunakan. Hindari meminjam-minjamkan makeup ke orang lain, dan pastikan mencuci wajah sebelum dan setelah bermakeup.

Jangan menatap komputer terlalu lama

Menatap layar komputer dengan begitu lama bisa menyebabkan sakit mata, sakit bahu dan punggung hingga mata tegang dan kering, jika Anda bekerja di depan komputer setiap hari, usahakan setiap 20 menit sekali mengalihkan pandangan mata sejauh 6 meter selama 20 detik agar bisa mengurangi ketegangan yang berada di mata, selain itu Anda bisa mengistirahatkan mata selama 15 menit setelah 2 jam penuh bekerja di depan komputer. Saat mata terasa kering, segera kedipkan mata.

Baca Juga Artikel Ini:  6 Obat Sakit Mata Alami Untuk Dewasa Karena Mata Merah Didepan Komputer

Karena asyik dengan pekerjaan, terkadang kita tidak memperhatikan kesehatan mata sehingga menatap layar monitor secara terus menerus tanpa jeda. Sekali dua kali mungkin tidak masalah, namun jika dilakukan setiap hari, pasti akan memberikan efek buruk untuk mata.

Konsumsi makanan bergizi seimbang

Penelitian membuktikan, bila vitamin C, E, asam lemak omega-3, lutein, zinc diduga dapat membantu menangkal masalah mata. Konsumsi makanan bergizi yang mengandung zat tersebut seperti salmon, tuna, telur, sayuran berdaun hijau, blueberry, kacang-kacangan, jeruk. Jika dikonsumsi secara teratur dapat menjaga kesehatan mata Anda.

Rutin memeriksakan mata

Entah masih muda, sudah tua, laki-laki atau pun perempuan, tetap saja harus rutin untuk memeriksakan kesehatan mata ke dokter spesialis mata paling tidak 2 tahun sekali agar penghlihatan Anda selalu terlindungi dan sehat. Orang dewasa yang telah berumur 40 tahun lebih bahkan disarankan memeriksakan mata setahun sekali, apalagi jika Anda sudah berusia lebih dari 40 tahun dan setiap hari menatap layar komputer.

Memeriksakan mata berguna untuk mencagah penyakit mata karena sering menggunakan komputer. Bahkan di usia 6 hingga 12 tahun, mata anak harus diperiksakan untuk mendeteksi masalah penglihatan yang bisa mengganggu belajarnya.

Selain itu cara untuk menjaga kesehatan mata juga bisa dilakukan dengan tidak mengabaikan masalah di mata. Saat mata terasa pedas seperti terbakar, segera bilas dengan air bersih dan mata berubah merah, segera gunakan obat tetes mata atau kompres menggunakan kain dingin. Segera aktif periksakan diri ke dokter saat gejala tersebut terus berlajut, atau saat mata bengkak, sakit dan tidak bisa melihat dengan normal.