Astigmatisma atau kelainan yang disebabkan karena lensa mata tau kornea mata yang tidak terlalu mulus, mengakibatkan cahaya yang masuk kedalam mata tidak menjadi fokus ketika diteruskn ke retina mata. Hal ini menyebabkan pandangan yang dihasilkan menjadi buram. Beberapa hal yan menyebabkan terjadinya kelainan pada kornea mata diantaranya adalah bawaan saat lahir, komplikasi saat operasi mata, cidera lensa atau kornea mata akibat infeksi , kondisi kelopak mata yang mengganggu sturktur kornea mata, semisal benjolan, ataupun kornea yang dapat menggembung dan mengempis.

6 Cara Mengobati Mata Silinder secara Alami pada Anak dan Dewasa

Gejala yang ditimbulkan dapat berdampak dalam kehidupan sehari-hari bagi penderita, diantaranya merasa pusing, sensitif terhadap cahaya, mata lelah dan kesulitan membuat garis lurus. Jika astigmatisma sudah sangat parah akan menyebabkan terjadinya penglihatan ganda bagi penderitanya.  Cara mengurangi gejala astigmatisma dengan cepat adalah dengan  memberikan lensa mata silinder. Sehingga astigmatisma ini dikenal juga dengan istilah mata silinder. Disamping dengan menggunakan kacamata berlensa silinder, mengobati mata silinder secara alami dapat juga dilakukan, diantaranya :

Buah keben

Yanng digunakan dari buah keben ini adalah biji dan buahnya yang digunakan sebagai obat tetes mata. Buah yang berasal dari papua ini merupakan pohon berkayu lunak dan sudah lama dipercaya untuk membantu menjaga kesehatan mata.

Kitolod

Tanaman berbunga putih yang biasa hidup subur di persawahan, kebun dan di pinggir sungai ini banyak dijumpai. Menemukannya sangatlah mudah banyak istilah yang digunakan untuk menyebut si bunga putih ini. Rendaman bunga kitolod yang telah dicuci bersih dapat digunakan untuk obat tetes  mata, lakukan sehari tiga kali. Mata akan terasa sangat perih dan pedih. Penggunaan obat tetes mata ini dipercaya dapat mengurangi berbagai penyakit mata, termasuk rabun jauh, rabun dekat dan astigmayisma.

Baca Juga Artikel Ini:  Cara Tes Mata Silinder atau Tidak Secara Manual dan Cara Pengobatannya

Daun sirih

Antibiotik dan anti inflamasi atau anti peradangan merupakan khasiat dari daun sirih tersebut. Merebus daun sirih yang telah dicuci bersih, kemudian dinginkan air rebusan daun sirih tersebut. Gunakan untuk mencuci mata hingga obat tetes mata. Kotoran yang ada didalam mata dapat dikeluarkan dan mata akan menjadi bersih dan sehat.

Daun melati

Daun melati dipercaya dapat membantu mengurangi sakit pada mata, termasuk didalamnya adalah astigmatisma. Menghaluskan segenggam daun melati yang telah dicuci bersih, kemudian menempelkannya ke dahi dan membiarkannya hingga mengering adalah salah satu cara atau metode untuk mengurangi mata astigmatisma.

Suplemen mata

Banyak dijual bebas di pasaran, mulai dari harga yang sangat murah sampai dengan harga yang super mahal. Sesuaikan dengan kantong dan kemampuan beli anda. Semuanya bisa mengklaim mengurangi berbagai penyakit pada mata yang salah satunya adalah astigmatisma. Cermati  kandungan bahan yang diramu didalamnya, kenali bahan-bahan tersebut, jika menggunakan kata-kata ilmiah, cari tahu nama lain bahan tersebut.

Usahakan suplemen tersebut merupakan suplemen buatan produsen negeri sendiri dan kenali dengan mengetahui profil perusahaanya. Mencantumkan kehalalan dan perijinan produk tersebut. Hati-hati untuk menggunakan obat tetes mata, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ahli mata sebelum menentukan produk yang dikonsumsi.

Istirahatkan mata ketika lelah

Jika mata sudah terasa sangat lelah, terlalu lama di depan layar komputer istirahatlah. Usahakan untuk setiap 30 menit beristirahat selama 5 menit dengan melihat benda atau obyek di luar zona layar komputer. Melihat obyek atau benda diluar ruangan yang berwarna hijau sangat dianjurkan. Pilihlah area persawahan yang hijau membentang untuk istirahat mata kita.

Cara mengobati mata silinder secara alami dapat kita lakukan sendiri di rumah. Lagi-lagi adalah tekad dan kemauan serta kedisiplinan kita yang dapat menentukan berhasil atau tidaknya usaha yang kita lakukan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga Artikel Ini:  Cara Tes Mata Silinder atau Tidak Secara Manual dan Cara Pengobatannya