Ada berbagai macam jenis penyakit yang bisa menyerang mata. Beda jenis penyakit sudah pasti berbeda pula penanganannya. Pengobatan mata ini tidak bisa disamaratakan karena pengobatan harus sesuai dengan gejala penyakit mata, penyebab hingga umur dari penderita. Contohnya saja seperti mata merah yang diakibatkan karena terlalu lama berada di depan komputer.

5 Obat Sakit Mata Merah Tradisional Karena Terlalu Lama Didepan Komputer

Mengobati mata merah sebenarnya bukan hanya dengan menggunakan obat-obatan kimia, namun bisa dilakukan menggunakan obat tradisional. Berikut berbagai obat tradisional yang dapat Anda gunakan untuk mengobati mata merah.

Daun sirih

Pasti Anda sudah sering mendengar daun sirih bukan? Daun sirih memiliki segudang manfaat, salah satu manfaat daun sirih adalah membantu menjaga kesehatan mata. Daun sirih memiliki kandungan zat yang difungsikan sebagai anti bakteri. Saat mata Anda sakit karena terkena bakteri, gunakan daun sirih untuk menyembuhkannya.

Pengaplikasian daun sirih ini sangat mudah. Anda hanya perlu menyediakan beberapa lembar daun sirih dan cuci hingga bersih. Rebus daun sirih dengan air di panci kecil hingga mendidih. Setelah mendidih, diamkan daun sirih hingga dingin. Saring rebusan air daun sirih dan gunakan untuk obat tetes mata. Selain direbus, Anda bisa menempelkan daun sirih di mata sebelum tidur.

Bawang putih

Selama ini, mungkin Anda hanya mengetahui jika bawang putih hanya digunakan untuk bumbu dapur, ternyata bawang putih bisa digunakan untuk obat sakit mata merah. Kandungan yang berada di bawang putih dipercaya dapat membunuh bakteri yang menyebabkan sakit mata. Untuk memperoleh manfaat dari bawang putih sebagai obat sakit mata, siapkan bawang putih yang telah dicuci bersih, iris salah satu ujungnya dan gunakan getah di pinggir irisan ke kelompak mata.

Baca Juga Artikel Ini:  Obat Mata Merah dan Gatal Tradisional dengan Bahan yang Mudah Didapat

Pengobatan secara tradisional memang tidak bisa dengan cepat. Untuk mendapatkan manfaatnya Anda harus melakukannya paling tidak 2 hingga 3 hari dengan pengolesan 2 hingga 3 kali sehari.

Irisan timun

Untuk menghilangkan efek dari mata merah, Anda bisa menggunakan irisan timun. Timun dipercaya dapat menyegarkan serta memulihkan kesehatan mata. Untuk menggunakannya, siapkan timun yang berkualitas, setelah itu kupas dan potong tipis dengan ketebalan 1 hingga 2 cm, cuci timun hingga bersih. Bila sudah siap, segera tempelkan timun ke mata sembari terbaring dengan keadaan kelopak mata yang tertutup. Tempelkan selama 20 hingga 30 menit. Lakukan kebiasaan baik ini paling tidak seminggu 2 hingga 3 kali agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Irisan kentang

Bukan hanya timun, kentang juga bisa Anda gunakan untuk obat sakit mata merah. Pengaplikasiannya juga sama dengan timun. Tetapi, saat menggunakan kentang, Anda harus memastikan jika kentang benar-benar sudah bersih dari getah, irisan kentang pun juga bisa lebih tipis, kurang lebih 1 cm agar tidak memberatkan mata Anda. Untuk frekuensi penggunaannya, lakukan 2 hari sekali.

Air

Obat yang paling sederhana untuk mengatasi masalah mata merah ini adalah air. Agar kesehatan mata tetap terjaga, pada dasarnya kita harus selalu menjaga kesehatan mata. Untuk membersihkan mata, Anda bisa mengandalkan air. Gunakan air bersih untuk membersihkan mata atau melembabkan mata.

Bukan hanya sekedar membersihkan, Anda bisa menggunakan air dingin untuk mengompres mata. Kompres mata dengan air dingin selama 20 menit. Berbeda dari cara-cara lain di atas, untuk yang satu ini, Anda bisa melakukannya setiap hari. Setelah lelah bekerja di depan komputer segera kompres mata Anda.