Mata merupakan jendela hati, dengan hati kan kulihat hatimu. Begitulah jargon yang sering kita dengar, hal ini mencerminkan betapa pentingnya mata bagi kita. Penyakit mata banyak macam dan jenisnya. Begitu juga dengan cara menangani dan mengobatinya tentu juga berbeda-beda. Penyakit mata dapat dibagi menjadi dua macamnya, tergantung dari gejala dan penyebabnya. yaitu, penyakit mata ringan dan penyakit  mata berat.

5 Obat Sakit Mata Alami Tradisional yang Ampuh tanpa Efek Samping

Penyakit mata ringan biasanya disebabkan karena mata lelah, iritasi ringan yang disebabkan debu dan sebagainya. Penyakit mata ringan ini diantaranya mata merah karena debu, mata panda atau mata berkantung, serta mata merah ringan. Penyakit mata berat disebabkan karena infeksi virus dan bakteri serta kelainan yang terjadi pada mata. Penyakit mata berat diantaranya, juling,rabun, katarak, glukoma, graves dan degerasi makula.

Untuk penyakit mata ringan, seringkali orang lebih memilih mengatasinya sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan tradisional yang tersedia di rumah. Ada beberapa obat sakit mata alami yang bisa dijadikan pilihan jika terjadi sakit mata ringan, diantaranya :

1. Air

Mencuci mata dibawah air yang mengalir, dapat dijadikan pertolongan pertama ketika mata mengalami sakit. Mata merah atau belekan dapat mencoba metode ini. Caranya, cuci mata di bawah kran air, biarkan mata terbuka beberapa saat, kemudian dikedip-kedipkan dengan terus  dikucuri air keran, hingga mata terasa pedih dan segar. Kotoran penyebab mata merah atau belekan akan ikut keluar bersama dengan kucuran air keran. Setelah itu mata dapat diberikan obat mata yang bersifat antiseptik.

2. Daun Sirih

Sediakan beberapa lembar daun sirih yang telah dicuci bersih, rebus dengan  mennggunakan air bersih dan panci yang bersih. Saring dan dinginkan. Dapat digunakan sebagai obat tetes mata atau air untuk  mencuci mata yang terkena belek.

Baca Juga Artikel Ini:  6 Obat Sakit Mata Alami Untuk Dewasa Karena Mata Merah Didepan Komputer

3. Bunga kitoid

Tanaman yang berbunga putih yang biasanya tumbuh disekitar pinggir sungai sudah dikenal dapat mengobati penyakit mata. Caranya, ambil beberapa bunga kitoid. Cuci bersih dan biarkan direndam kurang lebih lima menit. Gunakan air bunga kitoid dengan menggunakan tangkai bunganya untuk obat tetes mata. Mata akan terasa sangat pedih dan perih. Cukup lakukan sehari tiga kali. Bunga kitoid terbukti efektif mengurangi gejala penyakit mata ringan.

4. Irisan ketimun, kentang, stroberi dan teh

Ketimun, kentang, stroberi dan teh bersifat mengurangi inflamasi  atau peradangan serta bersifat mendinginkan, terbukti dapat menguranggi gejala penyakit mata ringan semacam mata lelah, mata panda, mata berkantung. Caranya, iris buah ketimun, kentang, atau stroberi anda dapat memilih salah satunnya. Gunakan untuk mengompres mata anda. Hasilnya cukup efektif dan cepat. Sedangkan untuk teh, kita dapat menggunakan teh yang telah basi masukkan kedalam kantong, atau teh yang telah berkantong. Gunakan untuk mengkompres mata sama halnya dengan buah-buahan tersebut diatas.

5. Daun patikan

Patikan yang merupakan salah satu rumput-rumputan mempunyai khasiat yang tak diragukan lagi untuk mata. Anda dapat menggunakan getah yang terdapat dalam rumput patikan. Caranya, cuci bersih tanaman patikan. Kemudian patahkan batangnya, hingga mengeluarkan getah yang berwarna putih. Getah inilah yang kemudian dapat digunakan sebagai obat tetes, dapat digunakan untuk mengobati penyakit mata ringan semisal mata merah dan mata belekan.

Penanganan sendiri dengan menggunakan obat alami tradisional yang tersedia dirumah, hanya bisa digunakan untuk penyakit mata ringan saja. Untuk penyakit mata yang tergolong berat, onsultasikan dengan tenaga medis atau dokter. Semoga bermanfaat.