Mata minus atau miopia, atau orang awam lebih mengenalnya dengan rabun jauh adalah suatu kondisi mata yang membuat seseorang kesulitan saat harus melihat objek yang jauh, hal ini terjadi ketika pembiasan oleh lensa mata dan kornea yang tidak fokus sehingga bayangan suatu objek jatuh tepat di depan retina mata. Ini biasanya disebabkan kornea mata terlalu cembung atau panjang bola mata terlalu besar.

5 Ciri-Ciri Mata Minus pada Anak Remaja dan 6 Hal yang Menjadi Penyebabnya

Biasanya mata minus atau miopia dialami oleh orang tua namun sekarang ini anak remaja pun sudah banyak yang mengidap miopia, menurut data Riset Kesehatan Dasar pada tahun 2013 saja 10% dari 66 juta anak usia sekolah (5-19 tahun) mengidap miopia dan harus memakai kacamata minus dan setiap tahun jumlah ini terus meningkat. Di bawah ini saya akan memaparkan beberapa ciri-ciri mata minus pada anak remaja dan juga penyebabnya :

Ciri-Ciri Mata minus pada Anak Remaja

  1. Selalu menyipitkan mata saat melihat sesuatu objek yang jauh.Ciri-Ciri Mata Minus pada Anak Remaja dan Penyebabnya

Mengapa menyipitkan mata? Karena dengan menyipitkan mata biasanya membuat objek yang terlihat kabur bisa lebih fokus karena pada saat menyipitkan mata ada otot yang membantu lensa dan kornea mata lebih fokus, hal ini lah yang membuat pengidap miopia yang tak berkacamata biassanya menyipitkan mata saat mencoba melihat sesuatu yang jauh.

  1. Sering mengeluh pusing.

Biasanya ini disebabkan oleh ketegangan pada mata yang berlebihan sehingga mata menjadi lelah dan berdampak pada aliran darah ke kepala yang tersumbat sehingga menyebabkan kepala terasa pusing

  1. Sulit melihat di malam hari.

Saat malam hari cahaya berkurang itu juga yang dapat membuat pengidap miopia sulit melihat di malam hari atau para ahli kesehatan mata sering menyebut dengan istilah night myopia.

  1. Selalu menonton TV, komputer dan membavca buku dalam jarak dekat.
Baca Juga Artikel Ini:  Cara Mengobati Mata Minus secara Alami tanpa Kacamata

Karena sulit melihat dari jauh para pengidap miopia sering kali menonton TV, komputer, membaca buku, bahkan bermain handphone dalam jarak dekat.

  1. Sering mengucek mata.

Dalam mindset orang awam biasanya mengucek mata biasanya dapat memperjelas penglihatan, namun tahukah anda itu dapat mengganggu saraf yang ada pada mata dan membuat penglihatan semakin buruk.

Beberapa hal Penyebab Mata Minus

  1. Kurang Asupan Vitamin untuk Mata

Kekurangan asupan vitamin untuk mata  biasanya membuat mata kurang sehat dan dapat membuat mata mudah mengalami stress yang mengakibatkan miopia, anda sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti Wortel, Tomat, Melon, Aprikot, Jeruk Bali, Jambu biji, Semangka, Plum, Blackberry, Peach, Jeruk, Raspberry dan masih banyak lagi.

  1. Pola Hidup tidak sehat

Sering begadang, malas berolahraga  juga ternyata tidak baik untuk kesehatan mata selain itu ada faktor lain seperti membaca di tempat gelap, membaca sambil tiduran, dan kebiasaan buruk lainnya yang bisa membuat mata tidak sehat.

  1. Berada di lingkungan yang kotor

Untuk menjaga kesehatan mata sebaiknya kita juga perhatikan lingkungan kita, sebisa mungkin hindari lingkungan berdebu ataupun jika terpaksa gunakanlah kacamata untuk melindungi mata.

  1. Terlalu sering menatap layar gadget

Dalam era modern saat ini gadget tentunya menjadi barang yang tidak terlupakan namun sebaiknya kita tidak terlalu sering menatap layar gadget karena itu dapat merudak mata.

  1. Mengkonsumsi gula berlebihan

Banyak yang belum mengetahui bahwa mengkonsumsi gula membuat kesehatan mata terganggu oleh karea itu mulai sekarang kurangi mengkonsumsi gula.

  1. Faktor keturunan

Sebagian besar para anak mengidap mipoia karena orang tua merekapun seorang pengidap miopia.

Penting bagi kita menjaga kesehatan mata, karena jika mata sudah terkena miopia sulit untuk disembuhkan, adapun cara mengurangi besarnya ukuran minus namun untuk penyembuhan sulit untuk dilakukan. Semoga artikel ini bisa membantu pembaca sekalian, terima kasih.

Baca Juga Artikel Ini:  Cara Tes Mata Minus Manual yang Bisa Dilakukan Sendiri