Mata manusia diciptakan untuk melihat dan menuntun manusia untuk melakukan aktifitasnya. Mata manusia akan mengalami kelainan dan menurun fungsinya sebagai indera penglihatan, jika kita melakukan kebiasaan yang kurang benar untuk mata kita serta gaya hidup yang tidak sehat. Mata yang terbiasa digunakan untuk melihat benda atau obyek yang terlalu dekat akan menyebabkan mata mengalami kesulitan untuk melihat dalam jarak yang cukup jauh.

5 Cara Menyembuhkan Mata Minus dengan Alami dan bahan Tradisional secara Efektif

Kelainan serta kesulitan mata yang tidak bisa melihat dalam jarak yang jauh dinamakan dengan rabun jauh atau miopi. Dikarenakan lensa minus atau lensa cekung digunakan untuk mengkoreksi penglihatan kita, maka dikenal juga dengan istilah mata minus. Selain menggunakan kacamata minus, untuk mengurangi  keluhan mata yang tidak bisa melihat dalam jarak jauh, adalah bahan alami nan tradisional yang berada disekitar rumah dan kita dapat memperolehnya dengan mudah serta murah. Berikut adalah cara menyembuhkan mata minus dengan bahan alami dan tradisional.

1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi untuk mata, seperti suplemen mata

Memilih makanan yang kaya akan vitamin A dan betacarotene,  semisal wortel. Ikan-ikanan yang kaya akan omega 3. Alpukat yang kaya akan lutein, kol dan bayam juga bisa dijadikan sayuran hijau yang kaya akan zeaxanthin dan vitamin C. Telur mengandung vitamin A, B12 serta vitamin D dan protein bisa dijadikan pelengkap sekaligus sebagai pelengkap gizi.

Tomat merupakan buah kaya manfaat bisa juga dijadikan pilihan selanjutnya, lycopene, vitamin A dan vitamin C yang dikandungnya dapat membantu menjaga kesehatan mata kita. Apabila kita tak ingin mengalami kerepotan untuk mendapatkan bahan makanan serta sayuran yang dibutuhkan, suplemen untuk mata bisa dijadikan pilihan.

2. Tidak terlalu tergantung dengan kacamata

Membiasakan diri untuk tidak selalu menggunakan kacamata, khususnya jika kita melakukan aktifitas yang tidak terlalu bergantung dengan fokus mata. Seperti membaca dan bekerja didepan layar komputer, kita dapat melepas kacamata kita jika telah selesai melakukan aktifitas tersebut.

Baca Juga Artikel Ini:  5 Cara Mengobati Mata Minus secara Alami dan Cepat serta Efektif

3. Melakukan terapi mata

Terapi mata dapat digunakan untuk mengurangi mata minus. Menggunakan bahan herbal dan alami dapat dijadikan pilihan. Menggunakan air rebusan daun sirih untuk mencuci mata, atau sebagai obat tetes mata. Menggunakan bunga kitoid sebagai obat tetes mata, bunga yang telah direndam dengan air, teteskan airnya ke masing-masing mata yang terkena mins ata rabun. Lakukan secara rutin sehari tiga kali.

4. Melakukan senam mata

Melihat benda yang jauh dan berwarna hijau, seperti melihat persawahan dalam jarak yang cukup jauh dan dalam waktu yang cukup lama. Latihan menatap sebuah obyek yang bergerak sampai obyek tersebut tertangkap utuh dipandangan mata kita. Melihat sebuah lilin yang menyala di sebuah ruangan yang gelap, usahakan mata fokus menatap sampai mengeluarkan air mata. Lakukan latihan tatap lilin secara rutin dan kontinyu.

5. Mencuci mata dan merawat mata

Melakukan pencucian mata secara rutin, membersihkan mata dengan menggunakan air yang mengalir selama lima menit sampai mata terasa pedih dan segar dapat dijadikan pilihan. Kotoran serta partikel asing akan keluar bersama dengan air yang mengalir tersebut. Mata akan menjadi bersih dan lebih sehat. Menggunakan kacamata anti ultraviolet serta menggunakan helm berkaca dapat melindungi kesehatan mata kita.

Cara tersebut diatas adalah sedikit tips atau metode yang sering digunakan untuk meringankan mata minus secara alami dan menggunakan bahan trasidional serta mudah dilaksanakan. Kedisiplinan dan keinginan untuk sembuh memegang peranan sangat penting. Selamat mencoba.