Mata yang tidak bisa melihat dengan jelas dalam jarak yang jauh, bisa disebabkan karena berbagai faktor. Baik itu faktor keturunan maupun pola atau gaya hidup. Mengetahui penyebab mata rabun atau mata minus dapat memudahkan kita untuk melakukan pengobatan apabila mata sudah terlanjur menderita rabun jauh atau mata minus serta melakukan pencegahan agar minus mata tidak bertambah banyak dan bertambah parah.

5 Cara Mengurangi Mata Minus secara Alami dengan Cepat

Faktor keturunan, atau faktor genetik memegang peranan yang cukup mendasar. Sangatlah mungkin jika orang tua kita menderita rabun jauh maka kita juga akan menderita rabun jauh atau mata minus. Gaya hidup yang tidak sehat serta perilaku kita yang keliru dalam memperlakukan mata sebagai organ penglihatan kita. Melihat serta membaca terlalu dekat dan dengan cahaya yang cukup temaram dalam waktu yang lama serta terus-menerus dilakukan dapat memicu rabun jauh.

Cepat perbaiki pola serta gaya hidup kita yang keliru tersebut, semakin kita menyadari kekeliruan kita maka rabun jauh pun makin menjauh. Konsultasikan dengan dokter ahli mata untuk pengobatannya. Berikut adalah cara atau metode menguranggi mata minus secara alami dengan cepat, diantaranya:

1. Perbaiki pola hidup

Membacalah dalam tempat yang terang dan dalam jarak baca yang wajar dan aman. 25 cm adalah jarak aman untuk kita membaca buku. Menonton televisi dalam jarak yang aman serta nyaman untuk mata anda. Jarak aman atau jarak minimal menonton televisi adalah setengah kali diagonal televisi.

2. Istirahatkan mata ketika lelah

Istirahatkan mata setiap 30 menit setelah bekerja di depan layar komputer, kedip-kedipkan mata agar tidak terlalu kering. Lakukan pandangan pada tempat yang jauh khususnya tempat yang ada unsur hijau-hijau daun untuk menyegarkan mata anda. Jangan paksakan mata untuk terus bekerja ketika mata sudah merasakan lelah.

Baca Juga Artikel Ini:  Perbedaan Sakit Mata Minus dan Silinder serta Solusinya

3. Terapi mata

Lakukan terapi penglihatan. Lihatlah benda yang jauh usahakan tanpa kacamata bantu. Tangkaplah obyek atau benda tersebut secara utuh. Mulailah dari benda yang dalam jarak paling jauh dapat kita lihat tanpa menggunakan kacamata, kemudian berlanjut dengan menjauhkan obyek secara bertahap.  Melihat area persawahan dalam waktu yang lama dan terus-menerus sampai  mata mengeluarkan air mata. Warna hijau bersifat mendinginkan dan membuat mata menjadi sejuk dan nyaman.

4. Senam mata

Kedip-kedipkan mata dengan sedikit menekan kedipan mata dengan kelopak mata, lakukan sehari tiga kali. Paksakan mata untuk melakukan gerakan melirik ke kanan dan kiri, ke atas dan bawah dengan sedikit menekan gerakan mata kita. Lakukan secara kontinyu dan rutin sampai mata mengeluarkan air mata.

5. Minum suplemen mata

Banyaknya suplemen mata yang dijual di pasaran secara bebas, menjadikan kita sebagai konsumen mempunyai banyak pilihan untuk pengobatan mata kita. Tetaplah menjadi konsumen cerdas yang lebih mengedepankan keamanan dan kualitas dari produk yang kita konsumsi. Mengetahui produsen produk, anjuran memilih produsen negeri sendiri ada alasannya. Mengetahui kandungan bahan yang digunakan, bahasa yang digunakan pun kita mengetahuinya.

Perijinan menggunakan perijinan dalam negeri yang dapat kita lacak keilegalannya. Menggunakan produk buatan luar negeri boleh-boleh saja, asalkan kita mengetahui kandungan bahan dari produknya, perijinannya serta produsen dari produk tersebut.

Konsultasikan dengan dokter ahli mata menjadi pilihan utama dan sangat dianjurkan. Mata  memegang peranan yang sangat vital bagi tubuh kita, apa jadinya jika kesembuhan yang kita inginkan tetapi hasil sebaliknya yang kita dapatkan. Mencegah lebih baik dari pada mengobati, perbaikilah gaya hidup kita yang kita yang kurang sehat serta perlakuan kita terhadap mata yang kurang manusiawi. Semoga bermanfaat.

Baca Juga Artikel Ini:  3 Obat Tetes Mata Minus yang Ada di Apotik