Di zaman serba canggih seperti sekarang, seluruh sendi kehidupan tidak akan lepas dari layar smartphone, duduk di depan layar komputer, dan bekerja ataupun belajar hingga larut malam. Seluruh aktivitas tersebut akan menyebabkan mata menjadi lelah, belum lagi kerusakan lensa dan kornea mata, serta efek radiasi dari melihat layar komputer.

5 Cara Mengobati Mata Merah karena Lelah dan Radiasi Komputer

Tanda awal dari mata yang kelelahan akibat radiasi komputer adalah mata yang memerah. Mata merah ini terjadi karena pembuluh darah di mata membengkak, iritasi, atau pecah. Mata merah ini tidak begitu berbahaya selama tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak menimbulkan gangguan penglihatan. Namun mata merah harus segera diobati untuk mencegah terjadinya masalah yang lebih serius pada mata.

Mata merah akibat lelah di depan komputer ataupun karena radiasi komputer masuk ke dalam masalah Computer Vision Syndrome.

Mencegah Terjadinya Computer Vision Syndrome (CVS)

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya mata memerah atau CVS karena radiasi komputer, yaitu :

  • Memberikan jeda istirahat bagi mata
  • Menggunakan kacamata yang dirancang dapat mengurangi radiasi komputer
  • Menggunakan obat tetes mata
  • Menggunakan komputer dengan posisi ergonomis (mata tidak terlalu dekat dengan layar)

Mengobati Mata Merah

Perubahan warna mata setelah berada di depan komputer adalah tanda dari tubuh bahwa mata telah terlalu lama dan lelah menatap monitor. Oleh sebab itu, pengobatan terbaiknya adalah dengan mengistirahatkan mata. Beberapa cara mengistirahatkan mata di antaranya :

  • Tidur
    Entah mata memerah karena begadang semalaman, ataupun mata memerah karena menatap layar komputer seharian, umumnya dengan tidur secukupnya kondisi mata akan pulih seperti semula
  • Memejamkan Mata Beberapa Menit
    Jika mata memerah terjadi saat sedang bekerja, tentu sangat tidak memungkinkan untuk tidur. Oleh sebab itu, memejamkan mata selama 2 atau 3 menit setiap 10 menit akan membantu memulihkan kondisi mata.
  • Menggunakan Obat Tetes Mata
    Bagi yang belum dapat beristirahat karena sedang diburu deadline, obat tetes mata adalah solusinya. Obat tetes mata mengandung bahan yang dapat meredakan efek kelelahan pada mata. Namun penggunaan obat tetes mata sebaiknya tidak dilakukan terus menerus.
  • Mengkompres Mata dengan Air Hangat
    Kelelahan pada mata dapat dikurangi dengan mengkompres mata yang merah dengan menggunakan air hangat.
  • Melihat Warna Hijau
    Warna hijau memberikan efek tenang pada mata. Itulah sebabnya seragam operasi dokter berwarna hijau. Begitu juga mata yang memerah karena radiasi komputer dapat diobati dengan melihat benda-benda berwarna hijau.
Baca Juga Artikel Ini:  5 Obat Sakit Mata Alami Tradisional yang Ampuh tanpa Efek Samping

Jika mata memerah maupun CVS masih belum sembuh meskipun sudah mengistirahatkan mata dengan tidur, sebaiknya segera memeriksakan kesehatan mata di dokter mata. Namun beberapa obat tradisional dengan bahan herbal atau alami terbukti ampuh.

Obat alami untuk mata merah adalah dengan menggunakan salah satu dari bahan-bahan berikut sebagai kompress :

  1. Susi Murni
    diteteskan sebagai pengganti obat tetes mata
  2. Air Mawar
    air rendaman mawar digunakan untuk mencuci muka dan mata
  3. Bawang Putih
    potongan bawang putih ditempelkan pada kelopak mata
  4. Kunyit
    air hasil rebusan kunyit digunakan sebagai pengganti obat tetes mata
  5. Daun Sirih
    air hasil rebusan daun sirih digunakan sebagai pengganti obat tetes mata
  6. Timun
    potongan timun ditempelkan pada kelopak mata
  7. Kentang Mentah
    potongan kentang ditempelkan pada kelopak mata