Penyakit mata rabun jauh atau sering juga disebut miopi adalah kelainan pada mata, dikarenakan mata tidak bisa melihat benda dalam jarak yang jauh pada jarak tertentu. Keadaan bola mata yang terlalu cembung, hingga  diperlukan kaca minus untuk mengoreksi penglihatan anda. Aktivitas dan gaya hidup kita yang kurang memperhatikan kesehatan mata sangat mempengaruhi kesehatan mata anda. Melihat komputer dengan jarak yang sangat dekat, membaca dengan pencahayaan yang kurang atau temaram, membaca dengan posisi tiduran adalah salah satu penyebab dari mata mengidap penyakit rabun jauh atau miopi.

5 Cara Mengggunakan Kacamata Minus yang Benar dan Baik

Menggunakan kacamata minus tentu saja sangat mengganggu bagi kita yang mengalami rabun jauh atau miopi, mata yang biasanya bebas untuk melihat tanpa alat bantu, dan aktivitas yang membutuhkan gerakan tubuh banyak akan sedikit terganggu ketika kita menggunakan kacamata. Apalagi untuk anak-anak yang dibawah usia 15 tahun yang telah menggunakan kacamata minus untuk membantu penglihatannya. Berikut adalah tips atau cara menggunakan kacamata minus yang baik dan benar,

Ketepatan ukuran

Sebelum membuat kacamata untuk membantu penglihatan, pastikan kita mengunjungi dokter mata untuk mengetahui tentang kondisi mata. Ukuran yang tepat serta obat yang dapat dikonsumsi untuk mengurangi rabun jauh atau miopi kita. Ukuran yang tepat tidak dibawah atau diatas ukuran miopi mata kita dapat membantu penglihatan kita untuk mendapatkan penglihatan layaknya normal dan nyaman untuk dipakai.

Konsultasikan keadaan mata secara berkala

Konsultasikan masalah penglihatan anda secara berkala, setidaknya enam bulan sekali untuk mengetahui kondisi mata anda. Hal ini dilakukan untuk mengetahui ukuran kacamata anda apakah masih sesuai atau tidak, juga dapat mengetahui dengan segera atau melakukan pencegahan terhadap penyakit yang ditimbulkan kemudian. Untuk anak-anak ukuran kacamata akan terus mengalami perubahan seiring dengan bertambahnya usia dan tumbuhnya mata anak. Minus akan berhenti dan cenderung stabil ketika anak berusia 18-40 tahun.

Memilih bahan kacamata

Memilih kacamata yang terbuat dari bahan non alergic atau tidak bersifat alergi dapat dijadikan pilihan. Apalagi untuk anak yang mempunyai aktivitas yang padat dan sering mengeluarkan keringat. Kacamata yang mengandung besi dapat memicu terjadinnya alergi tidak bisa kita jadikan pilihan. Memberikan lapisan anti alergi dapat kita lakukan untuk mengurangi dampak alergi.

Sering melepas kacamata untuk aktifitas yang tidak menuntut konsentrasi mata

Adalah sangat benar bahwasana jika kita telah menggunakan kacamata, maka minus mata akan terus bertambah. Apalagi kita tidak pernah melatih mata untuk melihat pada benda jarak jauh sesuai dengan rabun jauh kita. Sering melepas kacamata saat kita beraktifitas yang tidak menggunakan mata secara fokus. Semisal hanya menggunakannya saat kita didepan komputer, atau membaca buku. Setelahnya kita dapat melepasnya. Hal ini untuk membuat mata tidak terlalu bergantung pada kacamata. Kacamata juga harus dilepas saat tidur, dikarenakan kacamata dapat patah dan dapat melukai mata kita.

Melakukan latihan pada otot mata

Melakukan latihan penglihatan dengan cara melatih fokus mata pada jarak tertentu. Paksakan mata untuk melihat sebuah obyek benda pada jarak tertentu, jarak dapat dirubah tergantung dari membaiknya atau memburuknya cara pandang mata anda. Melihat cahaya sebuah lilin dapat juga dijadikan alternatif pilihan.

Demikianlah beberapa cara atau tips untuk memakai kacamata minus yang baik dan benar, jangan anggap enteng suatu penyakit walaupun hanyalah rabun jauh atau miopi. Dengan penanganan yang tepat dapat mengurangi tingkat minus anda atau bahkan penyembuhannya. Semoga bermanfaat.