Mata minus atau yang sering disebut dengan rabun jauh merupakan gangguan penglihatan yang umum ditemui. Saat terkena gangguan penglihatan ini, penglihatan akan kabur ketika melihat objek yang jauh tetapi tetap jelas saat melihat benda yang dekat. Contohnya saja saat Anda membaca buku, tulisan di buku tetap terlihat namun saat melihat tulisan di papan tulis akan terlihat kabur. Tentu saja hal ini sangat menganggu serta harus dilakukan berbagai macam cara untuk mengurangi mata minus bahkan menyembuhkannya secara total agar penglihatan kembali normal.

4 Cara Mengobati Mata Minus Tinggi Secara Alami dengan Bahan Herbal

Mata minus disebabkan oleh gangguan bentuk kornea, bola mata atau lensa. Bola mata terlalu panjang atau lengkungan kornea yang terlalu melengkung. Inilah yang menyebabkan bayangan yang masuk mata jatuh kedepan retina. Agar membantu melihat dengan normal dapat dilakukan dengan berbagai macam cara contohnya menggunakan lensa kontak hingga operasi. Saat mendengar kata operasi, mungkin Anda akan terbayang prosedur yang begitu menakutkan dan memilih penyembuhan secara alami.

Ada berbagai macam cara yang bisa Anda gunakan agar penglihatan menjadi lebih baik dan mengurangi minus pada mata.

Melatih fokus

Latihan fokus ini dicetuskan oleh dokter mata Marc Grossman. Melakukan latihan ini sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu duduk di posisi nyaman serta memegang pensil menggunakan tangan kanan. Letakkan pensil dengan jara 6 inch dari ujung hidung. Lihat pensil atau ibu jari secara fokus dan secara cepat hilangkan pandangan Anda pada objek yang jauh di seberangnya tanpa menggerakkan kepala. Sesudah itu, secara cepat kembalikan kembali pandangan Anda ke ibu jari. Ulangi cara ini hingga 10 kali. Ini bisa membantu mengurangi mata minus serta meningkatkan penghlihatan.

Baca Juga Artikel Ini:  5 Cara Menyembuhkan Mata Minus dengan Alami dan bahan Tradisional secara Efektif

Push-up pensil

Latihan ini merupakan latihan yang sederhana dan dilakukan dengan menggunakan objek pensil yang diletakkan berjauhan dan berdekatan secara berulang. Untuk melakukannya, simak langkah berikut:

  1. Siapkan pensil atau pulpen,
  2. Tandai bagian tengah dari batang pensil dengan menggunakan titik atau tulisan yang jelas,
  3. Jika telah siap, pegang pensil secara vertikal dengan tangan kanan, letakkan jauh dari wajah, secara perlahan coba dekatkan pensil ke arah wajah dan fokuskan pandangan ke sebuah titik atau tanda yang dibuat dengan batang pensil,
  4. Dekatkan secara terus menerus hingga tanda terlihat kabur atau pensil terlihat ganda, tutup mata selama beberapa detik dan lihat tanda hingga jelas dan pensil hanya terlihat satu,
  5. Dekatkan lagi pensil hingga sampai di batas maksimal yang bisa dilihat dengan jelas. Ulangi cara ini dan lakukan selama beberapa menit setiap berlatih.

Mengistirahatkan mata

Bila Anda aktif membaca atau pun berlama-lama di depan komputer, ijinkan mata untuk beristirahat selama 20 menit, tutp mata dan alihkan pandangan mata Anda ke objek-objek yang jauh dari mata.

Konsumsi vitamin

Selalu penuhi kebutuhan vitamin untuk mata seperti vitamin C, A, E. Tingkatkan konsumsi sayuran seperti wortel dan buah-buahan yang lainnya.

Untuk mencegah mata minus semakin bertambah parah, Anda juga bisa menggunakan cara-cara seperti:

  • Periksakan mata secara teratur dan kondisi kronis yang memiliki hubungan dengan diabets dan tekanan darah tinggi,
  • Istirahatkan mata secara teratur saat bekerja,
  • Gunakan kacamata yang anti UV matahari agar bisa melindungi mata ketika beraktivitas lama di luar ruangan.
  • Gunakan pencahayaan yang baik saat membaca buku,
  • Gunakan kacamata yang pas agar bisa membantu penglihatan Anda.